Skip to main content

Hay Day : seputar Derby

Neighborhood house yang sudah diperbaiki
Apa sih Hay Day ? Hay Day adalah games dari Supercell mengenai kehidupan pertanian, mulai dari menanam gandum, jagung sampai membuat keju, sushi, dll. Seru lho.

Salah satu bagian dari Hay Day adalah partisipasi dalam Derby. Aku udah lumayan lama main Hay Day tapi belum pernah tau mengenai Derby jadi kali ini antusias banget. hihihi..Maklum masih newbie alias anak baru.

Untuk ikutan Derby, pertama harus memperbaiki neighborhood house. Ongkosnya 10000 coin dan memakan waktu 24 jam. Habis itu bisa membentuk neighborhood sendiri dan mengajak teman atau keluarga untuk ikutan. Atau bisa join neighborhood lainnya. Coba liat link ini untuk membentuk neighborhood atau join neighborhood.


Derby ini berlangsung selama 6 hari dengan waktu senggang 1 hari. Jadi kalo kebetulan kamu baru join di neighborhood dan Derbynya sudah berlangsung, kamu harus menunggu Derby yang berikutnya baru bisa ikutan. Video berikut ini bisa memberikan banyak informasi mengenai Derby, aturannya, ikutan (opt in) atau ngga mau ikutan (opt out) dari Derby, dll. 

Tips untuk memilih task :
* Help other farmers
Kalo lagi banyak waktu dan bisa terus-terusan memantau hay day games, pilih task help other farmers. Poinnya lumayan dan kalo kebetulan dapat farmer yang cuma perlu bantuan untuk refresh pohon, untuk setiap pohon dihitung 1 bantuan. Jadi task bisa cepat selesai tuh. 

Aku beruntung bisa menyelesaikan task ini dalam waktu 1.5 jam dan mengantongi 310 poin.
Help Task - 320 poin - waktu untuk menyelesaikan : sampai Derby selesai. Tp secepatnya selesai bisa mengambil task lainnya untuk mengumpulkan lebih banyak poin

* Mining task
Yang ini lumayan untuk mengumpulkan poin. Tapi harus ingat untuk menghitung peralatan yang diperlukan untuk menambang. Coba liat dulu koleksi alat pertambangan dan hitung berapa ores yang bisa didapat dengan peralatan yang ada. Kalo ngga cukup, mendingan jangan memilih task tersebut. Kalo kurang dikit mungkin bisa minta bantuan lewat chat. Tapi berdasarkan pengalaman, kadang mesti nunggu lama sebelum dapat bantuan. Kadang sama sekali ngga dapat bantuan.
Mining task - kumpulkan 83 ores - tapi jangan lupa hitung dulu peralatan yang kamu punya. Liat gambar berikut.


* Pumpkin pie
Membuat 12 pumpkin pie dan mengumpulkan 290 poin dalam waktu 1 hari dan 16 jam. Bisa banget dan pumpkin pie ngga terlalu memakan bahan, cuma butuh pumpkin dan telur. Keduanya bisa didapatkan dengan cukup mudah. Terutama telur. Udah itu, kalo ada waktu bisa dimulai sebelum task yang sekarang ini habis.
Pojokan kanan atas bisa untuk melihat berapa jumlah pumpkin pie yang sudah dihasilkan

* Jangan memilih animal task
Animal task membutuhkan banyak hewan peliharaan. Jadi kalo kamu punya banyak ayam, sapi, babi, dll boleh deh memilih animal task. Masalahnya kalo harus menghasilkan 180 butir telur ayam tapi cuma memiliki 5 ekor ayam kan akan memakan waktu yang lama banget. Jadinya waktu yang diberikan pasti ngga cukup.

Untuk apa sih ikutan Derby, kok kayaknya ruwet bener ? Begitu kan pikirannya ? Hadiahnya sih lumayan ya. Coba deh liat gambar berikut ini. Kalo neighborhoodnya kompak dan semua ikutan, poin yang dikumpulkan bisa membawa tim tersebut untuk mengumpulkan hadiah bagi seluruh anggota neighborhood.

Hati-hati pas memilih neighborhood dan perhatikan aturan main neighborhood tersebut. Aku ditendang keluar dari neighborhood pertama yang aku gabung. Alasannya aku kurang giat. Tapi yang sebenar-benarnya adalah aku belum ngeh banget dengan aturan main Derby jadinya rada leyeh-leyeh.

Di neighborhood kedua ini, kita dikasih pilihan mau main Derby atau ngga (opt out). Jangan lupa opt out harus dilakukan sebelum Derby dimulai. Kalo lupa bisa-bisa ditendang keluar. ha..ha.. Ngga papa sih, palingan cari neighborhood lainnya. Kan cuma games. Yang penting bisa dinikmati dan jangan terlalu diambil ati.

Silakan tinggalkan komentar kalo ada tips tips lainnya ya. :)

Jangan lupa simak Seputar Derby bagian kedua di sini.

Comments

  1. Hati-hati pas milih task. Maksud hati mau pilih Kapuk, eh dasar mata rabun, yang kepencet malah wol yang sebelahan sama kapuk dan sama-sama warna putih. Alhasil task itu ngga terselesaikan. Karena ngga cukup waktu dan ngga cukup domba. Dan kalo salah pilih task dan mau nge-delete task. Bisa sih. Tapi ngga dapat pilihan lagi. Jadi misalkan neighborhood kamu dikasih jatah 6 task per orang. Jadi kalo kamu nge-delete task, task tersebut tetap dihitung dari jatah kamu. Berarti poin yang bisa kamu kumpulkan jadi berkurang karena task yang bisa diselesaikan berkurang.

    :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, gara2 ini gw di peringatin bener2... Padahal cm games ya... Tapi ada beberapa yg anggap serius banget

      Delete
    2. Wah..kalo cuma diperingatin masih lumayan. Waktu saya ikutan derby pertama kali kelupaan ngecek task jadi tasknya ngga terlesaikan dalam waktu yang sudah ditentukan. Dan untuk keseluruhan derby saya cuma menyelesaikan 2 task. Begitu selesai derby saya ditendang keluar sama neighborhood tersebut. hik..hik.. Ngga pake peringatan segala. Benar-benar kejam.

      Delete
    3. Iya sama aku juga gtu .. yok join di grup aku kita sama2 mulai Derby nya mudah2anaq GK seperti itu... Di taman pelangi indah nama ku heje

      Delete
  2. Aku juga main kak, mirip2 harvest moon aku suka ^^

    Nonton film engsub

    ReplyDelete
  3. q ikutan derby task hayday di neighborhood A lalu q di kick dari neighborhood tsb ,, pd saat derby uda finish .. tp knp q gk bs klaim hadiah q ya dari task derby itu ?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Chylia. Kalo kamu ditendang keluar dari neighborhood berarti kamu ngga bisa klaim hadiah. Biarpun misalnya kamu menyelesaikan 3 tasks. Tapi kalo kamu udah bukan bagian dari neighborhood tersebut pada saat derby selesai otomatis poin yang kamu udah kumpulkan dari task hangus.

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Admin, apa punya rekomendasi lingkungan yang suka dan aktif derby??. Soalnya saya suka derby.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Pak Samudra. Saya ngga punya rekomendasi lingkungan yang aktif. Saya jadi anggota di lingkungan Glen & Marsha's Village. Tapi sepertinya sekarang keanggotaanya udah penuh. Sori ngga bisa membantu.

      Delete
    2. Nbh indonesia : Meryy (leader myy)
      Nbh luar : Atilla ( leader arda)

      Kedua NBH ini aktif derby dan sering juara

      Delete
    3. sini pak gabung dg saya cari fun bff ketuanya puput

      Delete
  6. Aku mau nanya dong kalo task yang visitor town itu gimana ya caranya?

    ReplyDelete
  7. Aku mau nanya dong kalo task yang visitor town itu gimana ya caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itu tadi yang sulit kalo aku bilang. Jadi mirip dengan yang kereta api tapi bedanya kamu cuma bisa menuju permintaan dari orang-orang tertentu. Misalkan si koboi, atau si orang kuat yang suka angkat besi. Karena jumlah orang tertentu tersebut terbatas setiap kali kamu mendapatkan kunjungan jadinya lama bener selesainya.

      Delete
    2. tergantung instruksi task nya. biasanya kamu harus layani visitor sampai full. misalnya: si kribo dress kuning (restoran, spa, toko hadiah). tiga tempat itu harus full kamu layani. nanti setelah selesai dan dapat koinnya di tempat terakhir baru terhitung task terselesaikan untuk 1 poin

      Delete
  8. Kalau g selesai gimana apa ada konsekuensi nya

    ReplyDelete
  9. Kalau g selesai gimana apa ada konsekuensi nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Yayas. Kalo tasknya ngga selesai sih untuk kamu sendiri konsekuensinya ya kehilangan kesempatan untuk mendapatkan poin. Karena kamu cuma punya 9 peluang untuk memilih task. Dan kalo kamu ngga menyelesaikan task tersebut berarti kamu cuma punya 8 kesempatan lainnya. Kalo kamu orangnya kompetitif dan pengen dapat poin yang banyak supaya menjadi member dengan kontribusi yang besar berarti peluang kamu berkurang.

      Tapi selain konsekuensi untuk diri kamu sendiri, juga tergantung neighborhood kamu ya. Kalo neighborhood kamu terdiri dari leader yang pengen semua anggotanya berpartisipasi penuh. Bisa-bisa kamu ditendang keluar dari neighborhood tersebut kalo dianggap kurang berpartisipasi.

      Delete
  10. kalau ada anggota yg gak ikut lomba derby, apakah dia akan mendapat hadiah ladam kayak teman temannya yg ikutan lomba di lingkungan tsb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Restifection. Anggota yang ngga ikutan lomba derby ngga akan mendapatkan hadiah.

      Delete
  11. mau tanya kalau kita sedang ikut derby, terus buang/hapus tugas kok jatah kita mengerjakan tugas berkurang? tapi ada juga member lain dalam neighboor yang membuang tugas tapi jatah tugasnya tetap utuh. biasanya per orang dapat jatah tugas 9.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Sari. Kalo kamu membuang tugas memang jatah kamu akan berkurang. Member yang membuang tugas tapi tugasnya tetap utuh ada kemungkinan karena doi membeli tugas lagi - ongkos membeli tugas tambahan adalah 10 berlian. Kayaknya rugi deh.

      Delete
    2. Hai... Ingin menambahkan, kl tugas sudah diambil lalu dihapus itu akan mengurangi jatah kamu...
      Tapi jika tugas blm diambil/ masih ada di papan (pilihan) tugas, tugas dpt dihapus langsung dr papan pilihan tugas tersebut tanpa mengurangi jatah tugas kamu (ini hanya bisa dilakukan jika kamu adalah pemimpin & rekan pemimpin)

      Delete
  12. Oh.... Gitu. Akhirnya mudeng apa itu Derby. Dulu waktu saya masih aktif di Hay Day, belum ada Derby. Sekarang buka lagi (setelah 1000+ hari saya tinggalkan), ada Derby cari info, nemu deh di sini. Makasih Bro, sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gabung sm aqu yuk kak kita sama2 mmbesrkan lingkungan cari fun bff ya kak ...krn lingkungan kita baru jdi msih kurng anggotanya

      Delete
  13. kalo arti tanda yang di atas kapal itu apa ya, aku jumpa ada bbrp pemain yang ada tanda itu, thankyou

    ReplyDelete
  14. Mau nanya dong. Kalo task tentang serve 7x local maksudnya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ingat ngga dengan town visitors task ? Yang setiap pengunjung datang menggunakan kereta ? Nah yang ini kurang lebih sama deh. Tapi harus diingat kalo setiap pengunjung dianggap selesai kalo kamu dikasih hadiah sama si town visitor. Jadi kalo town visitornya baru kemungkinan besar harus mengunjungi 2 tempat dulu (bioskop, restoran) baru bisa dianggap selesai. Untuk menghindari ini kamu harus menjemput town visitor dari tetangga kamu. Town visitor yang sudah mengunjungi tetangga cuma perlu mengunjungi 1 tempat di tempat kamu dan sudah dianggap selesai. Semoga jelas ya. :)

      Delete
  15. Info dong ada yg tau cara menghapus xhat didearby gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo tidak suka dengan chat yang masuk silahkan non aktifkan chat nya,,, tpi klo untuk menghapus chat yg sudah masuk ngga bisa

      Delete
    2. Klo tidak suka dengan chat yang masuk silahkan non aktifkan chat nya,,, tpi klo untuk menghapus chat yg sudah masuk ngga bisa

      Delete
    3. Klo tidak suka dengan chat yang masuk silahkan non aktifkan chat nya,,, tpi klo untuk menghapus chat yg sudah masuk ngga bisa

      Delete
  16. Info dong ada yg tau cara menghapus xhat didearby gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya belum ada fitur untuk menghapus chat deh. Sori ngga bisa membantu.

      Delete
  17. Mau nny: di apps hayday terbaru di mana sih letak neighbourhood?ku ga nemu nih..hbs ditendang krn lama ga aktif..

    ReplyDelete
  18. permisi kak mau tanya donk.. kalau derby yang nilainya kecil dan kita buang.. apa nilai yg sudah dapat akan berkurang karna task yg terbuang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal ya. Task yang nilainya kecil kalo kita buang ngga akan mempengaruhi derby. Sepanjang task tersebut belum kamu ambil. Kalo task tersebut kamu sudah ambil berarti harus kamu selesaikan karena kalo ngga jatah task kamu akan berkurang tetapi kamu ngga akan mendapatkan nilai (karena sudah dibuang). Mudah2an bisa membantu.

      Delete
  19. Hallo kakak2 semua...
    Aku sudah lama bermain hay day, alhamdullilah sekarang sudah level 53 ... Hehehe kebetulan aku dan teman2ku bikin grub lingkungan lohh... Kami beri nama HOKA HOKI, dilingkungan kami sudah maju. Disini kami selalu aktif di grub, sling mambantu bila mampu. Dan dalam liga sekarang kami sudah mencapai liga DUNIA *Alhamdulliah... Bagi yang mau joint kami tunggu yaa... Karna hanya menerima permintaan untuk gabung jadi berharap untuk sabar agar diterima, insyaallah cepat diterimanya... Hehehehe
    Sekian dan terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat ya untuk kamu dan liga kamu yang semuanya aktif. Untuk teman-teman lainnya yang pengen gabung, silakan coba.

      Delete
  20. Gimana cara ngembaliin temen biar bisa ikut lomba lagi jika sebelum ny dia sudah di pilih tidak ikut dalam lomba. Karena sebelum ny dia tifak aktif, dan setelah aktif lagi dia mau ikut lomba. Tapi setelah di pencet2 tetap tidak bisa ikut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kamu adalah pemimpin/pemimpin bersama (leader/co-leader) untuk lingkungan tersebut maka kamu bisa membantu teman kamu untuk bergabung dengan derby lagi. Tapi kalo bukan, maka teman kamu harus bergabung kembali sendiri dengan memencet kedai derby. Tapi ingat lho, biarpun sudah aktif kembali, kalo derbynya sudah mulai untuk minggu ini, berarti teman kamu baru bisa ikutan derby tersebut untuk minggu berikutnya. Jadi ngga bisa ikutan derby di tengah-tengah minggu. Di sini derby baru mulai tengah malam hari Selasa, berarti kira-kira jam 3 siang WIB di Indonesia. Coba deh cek untuk minggu berikutnya.

      Delete
    2. Aku pemimpin. Udh d klik d bagian yg ngk ikut serta ny itu tpi gada option buat di ikut sertakan lagi.

      Delete
    3. Wah.. kok aneh ya. Aku coba google jawaban untuk kamu. Ada kemungkinan aturannya sudah ganti. Coba teman kamu coba sendiri untuk bergabung kembali. Cukup lewat klik di kedai derby dan tunggu sampai derby berikutnya.

      Delete
  21. mau tny donk, ada fitur untuk mengunci log tugas ga?? jd seblm di buka anggota gak bisa ambil tugas lomba. makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Yulie. Setau aku ngga ada tuh fitur semacam itu. Aku agak bingung, untuk apa tugas tersebut dikunci ? Bukannya semakin mudah diambil lebih baik supaya anggota ngga usah nungguin tugas tersebut dibuka ? Seperti juga lebih banyak anggota yang membuang tugas lebih baik supaya tugas2 yang nilainya kecil bisa dibuang dan tugas yang nilainya gede bisa muncul.

      Delete
  22. Cara cek nama tmn lingkungan yg lg online gmn yh?

    ReplyDelete
  23. ni game nya baru updte y..trs suka kluar sendiri..kira2 kalo q uninstal gmn dg derby q yg lg ambil tugas ? klo instal lg ilang gk y??

    ReplyDelete
  24. numpang promosi lingkungan yaa😂
    namanya Ampera Farm logo bulat warna biru dan kucing warna pink

    ReplyDelete
  25. Baru aza ditendang dr lingkungan padahal udah nyelesei in 5 task..😢

    ReplyDelete
  26. ponakanku baru gabung di lingkungan hari ini. besok ada derby baru. Tp dia tidak ikut dalam derby. Bgm cara agar ponakanku ikut derby beaok?

    ReplyDelete
  27. Hi min.... baru² ini ketu di lingkungam ak keluar dri lingkungan dgn alasan pribadi. Ak di promosiin jdi rekan-pimpinan. Ak masih baru main hay day dan blm banyak tau bagaimana mengelola lingkungan. Sementata ketua yg baru jarang aktif dan lebih mengandalkan ak di lingkungan. Kami sama² belum paham cara mengelola lingkungm min.
    Sarannya dong min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak, kebetulan aku leader di lingkunganku. Menurutku, yg pertama harus kamu lakuin yaitu buat rules. Supaya anggota kamu nyaman dan lingkungan kamu juga lebih kondusif. Kedua usahakan kamu aktif main, rajin bantu bantu anggota kamu dan juga partisipasi di lomba. Ketiga kick anggota yang melanggar rules lingkunganmu juga yg jarang aktif. Itu. Maaf kalo ada yg salah ya.

      Delete
  28. Min tolong jelaskan dong lomba mekar Derby cara menyelesaikan nya gmn ya min? Saya masih lom paham sama lomba mekar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lomba mekar sama kok kak sama lomba lain. Bedanya cuma di poin aja. Di lomba mekar ada 4 tugas mekar yg muncul. Nah poin tugasnya ini bisa berlipat setelah dikerjain. Misal ada yg ambil tugas nanam gandum 320 poin setelah dia selesai tugas, tugas nya itu kembali ke papan dan poin nya jadi 350. Poin maksimal nya sampai 400. Begitu.

      Delete
  29. haii kakak2 yg bingung cari lingkungan yuk gabung sama lingkunganku kita bru buat lingkungan namanya FUN BFF ...bantu ramaikan yuk kak enak2 koq anaknya kita slalu sling bantu

    ReplyDelete
  30. Kk2 yg mau gabung di lingkungan yok join di lingkungan ku "Taman pelangi indah " .. yg pemimpin nama nya heje , yuk bantu ramein , GK seperti lingkungan yg lain nya maen kick aja ..

    ReplyDelete

Post a Comment

Tinggalin pesan dan kesan donk !

Popular posts from this blog

Which Star Are You From ?

Drama ini menceritakan Choi Seung Hee seorang sutradara yang baru saja kembali ke Korea setelah 3 tahun berusaha melupakan tunangannya yang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas. Dalam rangka mencari lokasi untuk film terbarunya, Seung Hee melanglang ke desa terpencil dan tidak sengaja bertemu Kim Bok Shil. Bok Shil begitu menyita perhatian Seung Hee karena doi mirip sekali dengan mendiang tunangannya yaitu Hye Soo. Singkat cerita Seung Hee dan kru akhirnya memulai syuting di desanya Bok Shil. Bok Shil pun bertemu dengan eksekutif Han Jeung Hoon yang adalah pemilik perusahaan yang membiayai pembuatan film tersebut. Jeung Hoon pun dulunya menyukai mendiang Hye Soo. Melalui JH ini Bok Shil akhirnya mendapatkan pekerjaan di perusahaannya dan pindah ke Seoul. Karena pekerjaan barunya ini, Bok Shil menjadi lebih dekat dengan Seung Hee dan akhirnya mereka menjadi saling menyukai. Tidak disangka, Bok Shil ternyata adalah adik Hye Soo yang selama ini disangka meninggal dalam kebakaran restor

Perlu Ngga Beli Kartu SIM di Penang ?

Jawabannya tergantung keperluan teman-teman sekalian. ha..ha.. Sewaktu aku lagi bikin planning untuk jalan-jalan ke Penang, salah satu blog yang aku baca bilang jangan lupa beli kartu Digi setelah sampai di situ. Digi adalah salah satu provider GSM untuk Malaysia. Katanya sih Digi cakupannya lumayan bagus dengan harga terjangkau. Nah pas jalan kemarin itu aku masih belum bisa memastikan mau beli SIM card atau ngga. Tapi terus terang pas di Jakarta aku dibeliin SIM card XL Axiata yang lumayan banget pas buat jalan-jalan ke Bandung. Dipake untuk google maps lancar, padahal sampai ke Tangkuban Perahu segala. Ngga di kawahnya sih ya, tapi pas turun dikit gitu langsung dapat signal lagi.