Skip to main content

Cioppino - sup seafood

Kemarin mendadak teringat cioppino yang kita makan beberapa minggu yang lalu di Phil's Fish Market. Karena kepengen akhirnya liat-liat di epicurious dan berdasarkan beberapa resep di situ, aku terilhami untuk membuat versiku sendiri yang lebih singkat.

Cioppino sendiri merupakan kreasi para nelayan Italia berdasarkan hasil tangkapan hari itu. Cioppino dibikin dengan dasar sup tomat dan ditambah hasil-hasil laut seperti kepiting, udang, ikan, kerang, kerang ijo, scallop, dll. Kemudian disajikan dengan garlic bread.

Bahan :
1 kaleng anchovy - aku pakai merk Trader Joe's
1 bungkus seafood blend beku
1 botol clam juice
1 mangkuk kecil saus tomat pasta - aku pakai merk Classico
1/2 bawang bombay ukuran sedang
2 siung bawang putih
2-3 cabe merah kering
1 sm minyak sayur

Cara membuat :
Dengan menggunakan food processor, giling halus bawang bombay, bawang putih dan cabe merah kering. Dengan menggunakan panci ukuran sedang, panaskan minyak sayur dan goreng campuran bawang dengan api sedang sambil diaduk-aduk. Setelah wangi, masukkan anchovy. Jika anchovy bercampur minyak di dalam kaleng, boleh pakai sebagian minyak campuran tersebut. Sambil diaduk, gunakan penggorengan untuk menghancurkan anchovy supaya bercampur rata dengan bawang.

Setelah bawang dan anchovy bercampur rata dan wangi, masukkan saus tomat pasta. Aduk rata dan tuangkan clam juice. Kemudian masukkan campuran seafood beku. Masak sampai mendidih sambil terus diaduk. Matikan api setelah seafood matang. Tambahkan garam jika perlu. Sajikan dengan potongan jeruk lemon atau jeruk nipis. Boleh tambahkan tabasco sesuai selera.

Catatan:
Anchovy adalah sejenis ikan teri yang besarnya sebesar jari tangan. Di sini anchovy dijual dalam kaleng dengan label : anchovy in olive oil. Fungsinya menambah wangi sup dan memberikan cita rasa laut. Jika sulit mencari anchovy, bisa ditiadakan.
Jika tidak ada seafood beku, bisa menggunakan seafood segar, beratnya kira-kira 500 gr. Bisa terdiri dari campuran cumi, udang, kerang ijo, ikan dan kepiting.
Saus tomat pasta lebih mudah digunakan karena di dalamnya sudah terdapat dedaunan pewangi seperti thyme, basil, oregano. Jika menggunakan tomat kalengan, maka harus ditambah dedaunan sendiri seperti thyme dan bay leaf.
Clam juice dibuat dari sari jus kerang dan garam. Jika sulit dicari, bisa menggunakan kaldu blok.

Comments

Popular posts from this blog

Hay Day : seputar Derby

Neighborhood house yang sudah diperbaiki Apa sih Hay Day ? Hay Day adalah games dari Supercell mengenai kehidupan pertanian, mulai dari menanam gandum, jagung sampai membuat keju, sushi, dll. Seru lho. Salah satu bagian dari Hay Day adalah partisipasi dalam Derby. Aku udah lumayan lama main Hay Day tapi belum pernah tau mengenai Derby jadi kali ini antusias banget. hihihi..Maklum masih newbie alias anak baru. Untuk ikutan Derby, pertama harus memperbaiki neighborhood house. Ongkosnya 10000 coin dan memakan waktu 24 jam. Habis itu bisa membentuk neighborhood sendiri dan mengajak teman atau keluarga untuk ikutan. Atau bisa join neighborhood lainnya. Coba liat link ini untuk membentuk neighborhood atau join neighborhood.

Which Star Are You From ?

Drama ini menceritakan Choi Seung Hee seorang sutradara yang baru saja kembali ke Korea setelah 3 tahun berusaha melupakan tunangannya yang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas. Dalam rangka mencari lokasi untuk film terbarunya, Seung Hee melanglang ke desa terpencil dan tidak sengaja bertemu Kim Bok Shil. Bok Shil begitu menyita perhatian Seung Hee karena doi mirip sekali dengan mendiang tunangannya yaitu Hye Soo. Singkat cerita Seung Hee dan kru akhirnya memulai syuting di desanya Bok Shil. Bok Shil pun bertemu dengan eksekutif Han Jeung Hoon yang adalah pemilik perusahaan yang membiayai pembuatan film tersebut. Jeung Hoon pun dulunya menyukai mendiang Hye Soo. Melalui JH ini Bok Shil akhirnya mendapatkan pekerjaan di perusahaannya dan pindah ke Seoul. Karena pekerjaan barunya ini, Bok Shil menjadi lebih dekat dengan Seung Hee dan akhirnya mereka menjadi saling menyukai. Tidak disangka, Bok Shil ternyata adalah adik Hye Soo yang selama ini disangka meninggal dalam kebakaran restor

Perlu Ngga Beli Kartu SIM di Penang ?

Jawabannya tergantung keperluan teman-teman sekalian. ha..ha.. Sewaktu aku lagi bikin planning untuk jalan-jalan ke Penang, salah satu blog yang aku baca bilang jangan lupa beli kartu Digi setelah sampai di situ. Digi adalah salah satu provider GSM untuk Malaysia. Katanya sih Digi cakupannya lumayan bagus dengan harga terjangkau. Nah pas jalan kemarin itu aku masih belum bisa memastikan mau beli SIM card atau ngga. Tapi terus terang pas di Jakarta aku dibeliin SIM card XL Axiata yang lumayan banget pas buat jalan-jalan ke Bandung. Dipake untuk google maps lancar, padahal sampai ke Tangkuban Perahu segala. Ngga di kawahnya sih ya, tapi pas turun dikit gitu langsung dapat signal lagi.