Skip to main content

ING Bay To Breakers San Francisco

Kemarin untuk ketiga kalinya, aku dan Wawa pergi ke San Francisco untuk mengikuti acara tahunan Bay To Breakers. Bay To Breakers adalah perlombaan lari dimulai dari Embarcadero (San Francisco Bay) dan berakhir di Great Highway (Breakers - pertemuan Samudra Pacific dengan Ocean Beach). Acara ini dimulai sejak tahun 1912 yang tujuannya untuk menggugah semangat kota San Francisco setelah gempa bumi besar di tahun 1906.

Tapi jangan terkecoh dengan nama perlombaan lari. Bay To Breakers (BTB) terkenal justru bukan cuma perlombaan larinya. BTB terkenal sebagai acara yang melibatkan jumlah peserta yang besar (sekitar 50ribu orang) setiap tahunnya. Selain itu juga karena latar belakang San Francisco, BTB juga terkenal sebagai satu-satunya acara yang membolehkan pesertanya untuk berbugil ria....asalkan ...sewaktu melewati garis START dan dan sebelum garis FINISH mereka harus berpakaian kembali. Banyak pula pesertanya yang berpakaian kostum, sehingga bagi penonton yang memberikan semangat di sepanjang jalur serasa menonton karnival.

Kami berangkat dari rumah sekitar pukul 6 lewat. Parkir di San Francisco bakal sulit, kebayang donk kalo 50 ribu orang semuanya membawa mobil dan semua butuh tempat parkir. Jadi aku dan Wawa akan naik BART dari stasiun Milbrae. Sesampai di Milbrae sudah banyak orang yang juga akan berpartisipasi di acara tersebut. Bisa dilihat dari peserta lari yang biasanya sudah memakai nomor peserta di dada mereka. Atau juga penonton yang sekedar datang meramaikan acara.

Tidak seperti biasanya kami cuma menonton, tahun ini aku dan Wawa akan menjajal rute BTB. Lumayan rute sepanjang 12K cukup panjang untuk dijadikan acara latihan hari Minggu. Apalagi aku memang lagi latihan untuk persiapan maraton di bulan Juli nanti. Belum pernah aku lari bersama sekian banyak orang. Seru sekali, sepanjang rute ngga pernah kesepian. Selalu ada pemandangan seperti orang bugil atau pun setengah bugil. Ada seorang peserta pria yang memakai celana renang model Borat bentuk V, yang hanya menutup perabotan bagian depan dan bagian belakang berbentuk G string. Auw..seksi. Beberapa peserta lainnya sengaja berlari di belakang pria tersebut untuk mengambil foto. hihihi..

Jika ditempuh dengan berlari, jarak 12K itu sebenarnya bisa ditempuh sekitar 1 jam 15 menit. Berarti jika dimulai jam 8, sekitar jam 10 mestinya sudah selesai donk ? Tapi ya itu, BTB ini bukan cuma acara lari belaka, melainkan pesta minum sepanjang rute sampai berakhir di Golden Gate Park, karena kebanyakan peserta di bagian belakang sekedar minum dan dansa-dansi saja. Sehingga walaupun hampir pukul 1 sebagian jalanan masih ditutup karena masih banyak peserta yang belum mencapai garis finish. Tapi semua hepi-hepi saja, beberapa rumah sepanjang rute lari ikut menggelar pesta. Mereka mengeluarkan peralatan pengeras suara dan memainkan musik dengan keras dan banyak peserta yang berhenti sekedar joget mengikuti musik. Polisi pun tidak berdaya menghalau mereka dari jalanan. Mereka bergerak perlahan mengikuti di bagian belakang para peserta supaya mereka akhirnya menuju ke Golden Gate park.

Tahun ini penyelenggara berniat melarang acara minum-minum, tapi banyak peserta yang protes. Akhirnya mereka menyerah dan menyediakan lebih banyak toilet umum supaya para peserta yang minum kebanyakan bisa menyalurkan hajat di toilet dan bukan di bawah pohon atau di belakang semak-semak. Di belakang barisan polisi, para pekerja dari Dep PU San Francisco bergerak membersihkan jalanan dari botol, kaleng minuman, sampah lainnya. Aku dan Wawa melanjutkan perjalanan menuju stasiun BART.

Comments

Popular posts from this blog

Hay Day : seputar Derby

Neighborhood house yang sudah diperbaiki Apa sih Hay Day ? Hay Day adalah games dari Supercell mengenai kehidupan pertanian, mulai dari menanam gandum, jagung sampai membuat keju, sushi, dll. Seru lho. Salah satu bagian dari Hay Day adalah partisipasi dalam Derby. Aku udah lumayan lama main Hay Day tapi belum pernah tau mengenai Derby jadi kali ini antusias banget. hihihi..Maklum masih newbie alias anak baru. Untuk ikutan Derby, pertama harus memperbaiki neighborhood house. Ongkosnya 10000 coin dan memakan waktu 24 jam. Habis itu bisa membentuk neighborhood sendiri dan mengajak teman atau keluarga untuk ikutan. Atau bisa join neighborhood lainnya. Coba liat link ini untuk membentuk neighborhood atau join neighborhood.

Which Star Are You From ?

Drama ini menceritakan Choi Seung Hee seorang sutradara yang baru saja kembali ke Korea setelah 3 tahun berusaha melupakan tunangannya yang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas. Dalam rangka mencari lokasi untuk film terbarunya, Seung Hee melanglang ke desa terpencil dan tidak sengaja bertemu Kim Bok Shil. Bok Shil begitu menyita perhatian Seung Hee karena doi mirip sekali dengan mendiang tunangannya yaitu Hye Soo. Singkat cerita Seung Hee dan kru akhirnya memulai syuting di desanya Bok Shil. Bok Shil pun bertemu dengan eksekutif Han Jeung Hoon yang adalah pemilik perusahaan yang membiayai pembuatan film tersebut. Jeung Hoon pun dulunya menyukai mendiang Hye Soo. Melalui JH ini Bok Shil akhirnya mendapatkan pekerjaan di perusahaannya dan pindah ke Seoul. Karena pekerjaan barunya ini, Bok Shil menjadi lebih dekat dengan Seung Hee dan akhirnya mereka menjadi saling menyukai. Tidak disangka, Bok Shil ternyata adalah adik Hye Soo yang selama ini disangka meninggal dalam kebakaran restor

Perlu Ngga Beli Kartu SIM di Penang ?

Jawabannya tergantung keperluan teman-teman sekalian. ha..ha.. Sewaktu aku lagi bikin planning untuk jalan-jalan ke Penang, salah satu blog yang aku baca bilang jangan lupa beli kartu Digi setelah sampai di situ. Digi adalah salah satu provider GSM untuk Malaysia. Katanya sih Digi cakupannya lumayan bagus dengan harga terjangkau. Nah pas jalan kemarin itu aku masih belum bisa memastikan mau beli SIM card atau ngga. Tapi terus terang pas di Jakarta aku dibeliin SIM card XL Axiata yang lumayan banget pas buat jalan-jalan ke Bandung. Dipake untuk google maps lancar, padahal sampai ke Tangkuban Perahu segala. Ngga di kawahnya sih ya, tapi pas turun dikit gitu langsung dapat signal lagi.