Skip to main content

Tteokbokki khas Shindangdong


Ngga komplit nonton K-drama tanpa ikutan nyicipin makanan khas Korea. Terutama tteokbokki yang bisa dibilang lumayan sering muncul dalam K-drama. Resep berikut dikutip dari Vegan 8 Korean


Cukup untuk 2 orang
Bahan kuah :
7-8 potong rumput laut (kelp) + 700 ml air - rebus sekitar 15 menit. Sisihkan rumput laut dan simpan kuahnya.
2 sendok makan (sm) bawang putih cincang
3 sm bawang bombay cincang
3 sm gochujang (hot pepper paste)
4 sm gula pasir (atau secukupnya)
bubuk cabe atau cabe segar (tergantung selera)

Bahan isi :
20 potong tteokbokki - rendam dalam air hangat sampai siap digunakan
4 potong kim mari (snack yang terbuat dari soun yang dibungkus nori)
4 potong pangsit/gyoza (goreng dengan sedikit minyak dan sisihkan)
1 bungkus  ramyon-sari (mi instan yang ngga pake bumbu - kalo ngga ada boleh pake mi instan biasa)
1 wortel ukuran sedang - potong ukuran korek api
5-6 lembar kubis - potong ukuran 2.5x2.5cm
2 daun bawang ukuran sedang (bagian hijau saja) - potong ukuran 2.5 cm, sisihkan.
Mi instan tanpa bumbu - ramyonsari

Kim mari (soun bungkus rumput laut goreng)
tteokbokki dalam air hangat

Cara membuat :
Siapkan sebuah wajan anti lengket. Masukkan kuah rumput laut yang sudah disiapkan (kira-kira 500 ml). Masukkan tteokbokki, bombay cincang dan bawang putih cincang. Panaskan sampai mendidih dan kecilkan api. Masukkan hot pepper paste, black bean paste dan juga gula pasir. Aduk hingga rata. Kemudian masukkan wortel dan daun kubis. Kalo doyan pedas, bisa masukkan potongan cabe rawit/bubuk cabe sekarang. Masak kira-kira 5 menit.

Kemudian masukkan bungkus ramyon-sari dan aduk rata. Rebus hingga masak tapi tidak terlalu lunak. Tambahkan kuah rumput laut jika kuah tidak mencukupi. Matikan api bila mi instan sudah masak sesuai selera. Jangan sampai terlalu lunak lho, nanti ngga enak.


Sajikan tteokbokki, kim mari dan gyoza dengan sausnya. Selamat menikmati.



Comments

Popular posts from this blog

Hay Day : seputar Derby

Neighborhood house yang sudah diperbaiki Apa sih Hay Day ? Hay Day adalah games dari Supercell mengenai kehidupan pertanian, mulai dari menanam gandum, jagung sampai membuat keju, sushi, dll. Seru lho. Salah satu bagian dari Hay Day adalah partisipasi dalam Derby. Aku udah lumayan lama main Hay Day tapi belum pernah tau mengenai Derby jadi kali ini antusias banget. hihihi..Maklum masih newbie alias anak baru. Untuk ikutan Derby, pertama harus memperbaiki neighborhood house. Ongkosnya 10000 coin dan memakan waktu 24 jam. Habis itu bisa membentuk neighborhood sendiri dan mengajak teman atau keluarga untuk ikutan. Atau bisa join neighborhood lainnya. Coba liat link ini untuk membentuk neighborhood atau join neighborhood.

Which Star Are You From ?

Drama ini menceritakan Choi Seung Hee seorang sutradara yang baru saja kembali ke Korea setelah 3 tahun berusaha melupakan tunangannya yang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas. Dalam rangka mencari lokasi untuk film terbarunya, Seung Hee melanglang ke desa terpencil dan tidak sengaja bertemu Kim Bok Shil. Bok Shil begitu menyita perhatian Seung Hee karena doi mirip sekali dengan mendiang tunangannya yaitu Hye Soo. Singkat cerita Seung Hee dan kru akhirnya memulai syuting di desanya Bok Shil. Bok Shil pun bertemu dengan eksekutif Han Jeung Hoon yang adalah pemilik perusahaan yang membiayai pembuatan film tersebut. Jeung Hoon pun dulunya menyukai mendiang Hye Soo. Melalui JH ini Bok Shil akhirnya mendapatkan pekerjaan di perusahaannya dan pindah ke Seoul. Karena pekerjaan barunya ini, Bok Shil menjadi lebih dekat dengan Seung Hee dan akhirnya mereka menjadi saling menyukai. Tidak disangka, Bok Shil ternyata adalah adik Hye Soo yang selama ini disangka meninggal dalam kebakaran restor

Perlu Ngga Beli Kartu SIM di Penang ?

Jawabannya tergantung keperluan teman-teman sekalian. ha..ha.. Sewaktu aku lagi bikin planning untuk jalan-jalan ke Penang, salah satu blog yang aku baca bilang jangan lupa beli kartu Digi setelah sampai di situ. Digi adalah salah satu provider GSM untuk Malaysia. Katanya sih Digi cakupannya lumayan bagus dengan harga terjangkau. Nah pas jalan kemarin itu aku masih belum bisa memastikan mau beli SIM card atau ngga. Tapi terus terang pas di Jakarta aku dibeliin SIM card XL Axiata yang lumayan banget pas buat jalan-jalan ke Bandung. Dipake untuk google maps lancar, padahal sampai ke Tangkuban Perahu segala. Ngga di kawahnya sih ya, tapi pas turun dikit gitu langsung dapat signal lagi.