Skip to main content

Tips Menggunakan Airbnb

Kalo pengen nyobain Airbnb, ada beberapa tips yang aku mau bagi dengan kalian.
Pilih daerah yg kalian mau, tinggal klik

Pertama. Tentukan daerah yang kalian mau tinggal saat di Singapur, misalnya. Kalo suka belanja, mungkin daerah Orchard. Tapi daerah Orchard juga merupakan daerah populer, jadi coba pertimbangkan daerah lainnya yang lebih jauh tapi bisa hemat USD15-20 per hari. Selisihnya bisa untuk beli Singapore Tourist Pass yang memungkinkan pemakaian tak terbatas untuk MRT dan bis.



Kedua. Perhatikan harganya apakah ada tambahan biaya untuk orang kedua ? Begitu pula apakah ada tambahan biaya deposit dan biaya bersih2 alias cleaning fee ? Lumayan lho, kalo cleaning feenya sekitar USD40 itu dan kamu tinggal 2 malam, berarti tambahan USD20 / malam.
Contoh biaya tambahan baik untuk tambahan orang atau pun tambahan ongkos bebersihan.

Ketiga. Perhatikan komentar/review orang-orang yang pernah tinggal di situ. Jadi bisa memberikan gambaran lokasi, atraksi atau pun pengalaman mereka tinggal di situ. Jangan lupa kalo ada pertanyaan bisa melayangkan pertanyaan ke si host lewat "contact me".

Kalo semua udah oke dan kalian sudah siap booking, langsung aja ke "book it". Dari situ kalian harus melengkapi data, seperti socia media account (facebook, dll), informasi data paspor, dll. Kalo semuanya itu komplit baru permintaan booking bisa dikirim. Memang rada ribet tapi ini untuk melindungi kepentingan para penyewa dan juga pengguna jasa.


Pengalamanku adalah aku udah memberikan semua permintaan mereka. Sudah link account facebook, sudah mengkompliti informasi data paspor tapi masih juga dibilang kurang. Malah aku diminta bikin video singkat. Ngga semua orang suka menyiapkan presentasi diri dalam bentuk video biarpun singkat. Apalagi untuk dikirim ke orang lain yang ujung2nya entah untuk apa. Aku malah sempat email Airbnb untuk menanyakan apa ada kemungkinan kesalahan dari pihak mereka. Tapi tanggapan mereka sama sekali tidak menolong. Karena sebal, aku unlink account facebook, informasi data diri. Kemudian iseng2 aku link lagi dan semua berjalan lancar. Booking bisa terkirim dan kita mendapatkan apartemen yang kita suka.

Silakan mencoba dan jangan lupa tinggalkan komentar ya.

Comments

  1. kalo booking lewat Airbnb, apakah sebelumnya kita ada kontak dengan pemilik apartement terlebih dahulu ?

    btw fee Airbnb mahal juga yah ...:(

    ReplyDelete
  2. Halo halo. Kalo mo kontak dengan pemilik apartemen sih bisa juga tuh. Kali-kali ada pertanyaan. Kalo kita sih ngga kontak mereka dulu karena udah lumayan yakin. Coba perhatikan apakah si pemilik mencantumkan alamat mereka, mungkin ngga alamat komplit tapi seengganya ada nama jalan. Tinggal masukin nama jalan tersebut ke Google Maps (maps.google.com). Dari situ bisa pake street view jadi keliatan kira-kira daerahnya keliatannya seperti apa. Juga dari Google Maps bisa keliatan apakah dekat dengan MRT, atau dll.

    Fee-nya keliatannya tergantung sang pemilik juga ya. Makanya harus liat-liat beberapa posting untuk membandingkan. Soalnya saya perhatikan ada pemilik yang charge ongkos bersih, ada yang charge deposit (krn kuatir barang2nya 'diculik'). Kebetulan yang saya pilih tuh pemiliknya asyik banget dan ngga charge apa2, jadi jatuhnya lumayan banget.

    ReplyDelete
  3. Hi Lulu, mau tanya dong. Itu selama kita stay disana, apa host juga tinggal disana? Atau memang tempatnya ga ditempati oleh host makanya disewakan? Sama satu lagi, kalau pake CC untuk pembayarannya, saya ngelihat transaksinya kok menggunakan Euro ya? Padahal di total yang harus dibayar satuannya Rupiah. Nanti kedebetnya Euro apa Rupiah ya?

    Thks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal. Untuk pertanyaan pertama. Tergantung tempatnya ya. Yg aku tempati itu si hostnya tinggal di situ juga. Jadi kita tempati 1 kamar dan pake 1 kamar mandi khusus cuma utk kita doank. Si host pake kamar mereka dengan kamar mandi dalam. Tapi coba perhatikan review dari orang lain yang pernah pake. Apakah mereka cerita bahwa si host juga tinggal di situ. Ada juga host yang sengaja menyewakan seluruh kamar utk penyewa dan mereka tinggal di tempat lain. Saya liat yang kayak gitu cukup banyak juga waktu saya lagi cari kamar utk Singapura.

      https://www.airbnb.com/help/question/95
      Link di atas tersebut mencakup pertanyaan mengenai pembayaran.

      Kalo menurut pengertian saya sih total yang kamu bayar adalah rupiah karena itu adalah mata uang negara yang kamu pilih. Euro ditunjukkan disitu untuk perbandingan harga.

      Menurut penjelasan airbnb, pengguna diberikan kebebasan untuk memilih mata uang yang mau dipake. Kalo pilihan mereka tidak tersedia maka pembayaran akan dicharge dlm bentuk euro.

      Kalo kamu klik link yg diatas akan tersedia contoh komplit dengan gambar.. :)

      Mudah2an bisa membantu. Selamat jalan-jalan.

      Delete
    2. Thanks berat atas penjelasannya. Nanti saya coba buka lagi penjelasan di situsnya biar lebih afdol. Again, thks for ur help Lulu, much appreciated.

      Delete
  4. Hi lulu, tanya ya, ak kan mau booking terus ada deposit fee gt.. Itu nanti d kembalikan ya? Setelah kt pulang atau sesampainya kita d sing? Soalnya takut proses pengembaliannya ribet kan lumayan itu sekitar 1jt an.. Thankyou

    ReplyDelete
  5. Halo Muns. Kemarin ini sih aku ngga bayar deposit fee. Soalnya aku juga rada ngga suka dengan deposit fee. Ribet. Tapi coba link berikut ini.

    https://www.airbnb.com/help/question/140

    Kalo mnrt FAQ airbnb tersebut, jumlah yang kamu bayar utk reservasi ngga termasuk deposit fee tersebut. Deposit fee tsb akan dicharge terpisah 24 jam sebelum cek-in. Dan jumlah deposit fee tersebut akan dikembalikan 48 jam setelah cek-out kalo si host ngga klaim kerusakkan.

    Semoga bisa membantu ya. Selamat jalan-jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi deposit fee itu akan didebet otomatis ya dari cc kita pada saat 24Jam sebelum checkin?

      Delete
    2. Halo halo. Sepertinya peraturan Airbnb udah ganti ya. Kalo menurut situs Airbnb informasi untuk deposit disimpan tapi ngga dicharge kecuali yang punya rumah mengajukan claim. Jadi mungkin charge bakal 2 kali. Yang satu untuk harga kamar yang satu lagi untuk deposit doank. Kalo semuanya lancar, yang deposit ngga bakal muncul di kartu kredit kamu. Tapi kalo yang punya rumah mengajukan klaim baru deh kartu kredit kamu dicharge lagi untuk deposit. Mudah-mudahan membantu ya. Selamat jalan-jalan.

      Delete
  6. Hi Lulu , aku mau tanya donk .
    Jadi gini aku mau pake Airbnb dan aku masih bingung sama namanya
    " additional prices " itu dan harga aslinya , soalnya kan harganya udh di rupiah in . seumpama nih ya ...
    500.000/night apa aku bayar juga segitu ? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku barusan liat situsnya Airbnb lagi sekedar pengen tau apa masih sama atau udah beda. Jadi di sebelah kanan ada kotak yang menunjukkan tgl yang kamu mau. Trus bawahnya ada jumlah tamu, kemudian bawahnya ada harga permalam, kmd bawahnya ada ongkos dll. Di bagian paling bawah ada TOTAL. Jumlah di TOTAL itu adalah jumlah yang harus kamu bayar. Semoga bisa membantu.

      Delete

Post a Comment

Tinggalin pesan dan kesan donk !

Popular posts from this blog

Hay Day : seputar Derby

Neighborhood house yang sudah diperbaiki Apa sih Hay Day ? Hay Day adalah games dari Supercell mengenai kehidupan pertanian, mulai dari menanam gandum, jagung sampai membuat keju, sushi, dll. Seru lho. Salah satu bagian dari Hay Day adalah partisipasi dalam Derby. Aku udah lumayan lama main Hay Day tapi belum pernah tau mengenai Derby jadi kali ini antusias banget. hihihi..Maklum masih newbie alias anak baru. Untuk ikutan Derby, pertama harus memperbaiki neighborhood house. Ongkosnya 10000 coin dan memakan waktu 24 jam. Habis itu bisa membentuk neighborhood sendiri dan mengajak teman atau keluarga untuk ikutan. Atau bisa join neighborhood lainnya. Coba liat link ini untuk membentuk neighborhood atau join neighborhood.

Which Star Are You From ?

Drama ini menceritakan Choi Seung Hee seorang sutradara yang baru saja kembali ke Korea setelah 3 tahun berusaha melupakan tunangannya yang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas. Dalam rangka mencari lokasi untuk film terbarunya, Seung Hee melanglang ke desa terpencil dan tidak sengaja bertemu Kim Bok Shil. Bok Shil begitu menyita perhatian Seung Hee karena doi mirip sekali dengan mendiang tunangannya yaitu Hye Soo. Singkat cerita Seung Hee dan kru akhirnya memulai syuting di desanya Bok Shil. Bok Shil pun bertemu dengan eksekutif Han Jeung Hoon yang adalah pemilik perusahaan yang membiayai pembuatan film tersebut. Jeung Hoon pun dulunya menyukai mendiang Hye Soo. Melalui JH ini Bok Shil akhirnya mendapatkan pekerjaan di perusahaannya dan pindah ke Seoul. Karena pekerjaan barunya ini, Bok Shil menjadi lebih dekat dengan Seung Hee dan akhirnya mereka menjadi saling menyukai. Tidak disangka, Bok Shil ternyata adalah adik Hye Soo yang selama ini disangka meninggal dalam kebakaran restor

Perlu Ngga Beli Kartu SIM di Penang ?

Jawabannya tergantung keperluan teman-teman sekalian. ha..ha.. Sewaktu aku lagi bikin planning untuk jalan-jalan ke Penang, salah satu blog yang aku baca bilang jangan lupa beli kartu Digi setelah sampai di situ. Digi adalah salah satu provider GSM untuk Malaysia. Katanya sih Digi cakupannya lumayan bagus dengan harga terjangkau. Nah pas jalan kemarin itu aku masih belum bisa memastikan mau beli SIM card atau ngga. Tapi terus terang pas di Jakarta aku dibeliin SIM card XL Axiata yang lumayan banget pas buat jalan-jalan ke Bandung. Dipake untuk google maps lancar, padahal sampai ke Tangkuban Perahu segala. Ngga di kawahnya sih ya, tapi pas turun dikit gitu langsung dapat signal lagi.