Skip to main content

Bibim namyeong

bibim namyeong dengan telur dadar iris tipis
Akhir pekan kemarin di sini panas banget. Terus karena males keluar aku sama Wawa nonton drama Korea. Nah drama yang ditonton itu adalah Late Night Restaurant yang salah satu adegannya menyajikan 3 macam olahan mie. Wah..karena terinspirasi aku jadi cari-cari resepnya deh online. Coba simak adegan dari Late Nigh Restaurant berikut ini. Yang aku bikin adalah yang paling kanan yang katanya adalah bibim namyeong.

Resep berikut merupakan kombinasi dari Maangchi dan Kimchimom. Bibim namyeong adalah mie dingin yang disajikan dengan saus pedas dan kombinasi timun, pir dan daging sapi. Mie yang dipakai terbuat dari buckwheat (sorgum ?). Sausnya terbuat dari kombinasi bawang bombay, bawang putih, pir, jahe, gula, kecap asin, dll. Coba deh liat resep berikut ini ya.

Yang ini bibim nam yeong versi Maangchi

Cukup untuk 4 orang

Bahan saus :
1/2 buah pir, potong supaya muat dalam food processor
1/2 bawang bombay
1 st bawang putih cincang kasar
3 sm bubuk cabe merah (bisa beli di toko Korea)
2 sm go chu jang (adonan bubuk cabe - bisa beli di toko Korea)
1 sm biji wijen
5 batang daun bawang
2 st garam
1 sm gula pasir
1 st kecap asin
1 sm cuka putih

Bahan topping :
1 buah pir, kupas, belah memanjang dan iris sekitar 1/2 cm
2 buah telur rebus, kupas, belah 2
daging sapi rebus, iris tipis (kalo suka)
2 buah timun, cuci bersih, iris 1/2 cm sepanjang jari tangan, masukkan 1/2 st garam, 1/2 st gula dan 1 st cuka, aduk rata, sisihkan.

Bahan lainnya :
1 bungkus mie buckwheat
panci besar dan air untuk merebus mie

Cara memasak :
Masukkan bahan saus ke dalam food processor dan proses sampai halus seperti saus. Sisihkan.

Siapkan semua bahan topping.

Masak mie sesuai petunjuk dalam kemasan. Mie buckwheat ini tipis dan cepat matang. Baca petunjuk supaya ngga kebablasan.

Sajikan mie dalam mangkuk. Guyur saus dan susun topping sesuai selera. Sajikan segera. Mie buckwheat cenderung lengket sehingga saus lebih mudah merata kalo diaduk secepatnya supaya tercampur dengan mie dan topping. 

Selamat mencoba.

Yang ini versi Kimchi Mom






Comments

Popular posts from this blog

Hay Day : seputar Derby

Neighborhood house yang sudah diperbaiki Apa sih Hay Day ? Hay Day adalah games dari Supercell mengenai kehidupan pertanian, mulai dari menanam gandum, jagung sampai membuat keju, sushi, dll. Seru lho. Salah satu bagian dari Hay Day adalah partisipasi dalam Derby. Aku udah lumayan lama main Hay Day tapi belum pernah tau mengenai Derby jadi kali ini antusias banget. hihihi..Maklum masih newbie alias anak baru. Untuk ikutan Derby, pertama harus memperbaiki neighborhood house. Ongkosnya 10000 coin dan memakan waktu 24 jam. Habis itu bisa membentuk neighborhood sendiri dan mengajak teman atau keluarga untuk ikutan. Atau bisa join neighborhood lainnya. Coba liat link ini untuk membentuk neighborhood atau join neighborhood.

Which Star Are You From ?

Drama ini menceritakan Choi Seung Hee seorang sutradara yang baru saja kembali ke Korea setelah 3 tahun berusaha melupakan tunangannya yang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas. Dalam rangka mencari lokasi untuk film terbarunya, Seung Hee melanglang ke desa terpencil dan tidak sengaja bertemu Kim Bok Shil. Bok Shil begitu menyita perhatian Seung Hee karena doi mirip sekali dengan mendiang tunangannya yaitu Hye Soo. Singkat cerita Seung Hee dan kru akhirnya memulai syuting di desanya Bok Shil. Bok Shil pun bertemu dengan eksekutif Han Jeung Hoon yang adalah pemilik perusahaan yang membiayai pembuatan film tersebut. Jeung Hoon pun dulunya menyukai mendiang Hye Soo. Melalui JH ini Bok Shil akhirnya mendapatkan pekerjaan di perusahaannya dan pindah ke Seoul. Karena pekerjaan barunya ini, Bok Shil menjadi lebih dekat dengan Seung Hee dan akhirnya mereka menjadi saling menyukai. Tidak disangka, Bok Shil ternyata adalah adik Hye Soo yang selama ini disangka meninggal dalam kebakaran restor

Perlu Ngga Beli Kartu SIM di Penang ?

Jawabannya tergantung keperluan teman-teman sekalian. ha..ha.. Sewaktu aku lagi bikin planning untuk jalan-jalan ke Penang, salah satu blog yang aku baca bilang jangan lupa beli kartu Digi setelah sampai di situ. Digi adalah salah satu provider GSM untuk Malaysia. Katanya sih Digi cakupannya lumayan bagus dengan harga terjangkau. Nah pas jalan kemarin itu aku masih belum bisa memastikan mau beli SIM card atau ngga. Tapi terus terang pas di Jakarta aku dibeliin SIM card XL Axiata yang lumayan banget pas buat jalan-jalan ke Bandung. Dipake untuk google maps lancar, padahal sampai ke Tangkuban Perahu segala. Ngga di kawahnya sih ya, tapi pas turun dikit gitu langsung dapat signal lagi.