Skip to main content

Hari Kedua : Mengelilingi Georgetown

Bakmi pangsit ala Penang
Bangun pagi hari kedua di Georgetown aku membuka jendela kamar hotel dan ternyata di luar sedang turun hujan. Asyik. Mudah-mudahan hujan hari ini akan menghapus atau paling ngga mengurangi asap di kota Georgetown ini.

Makan Pagi Ala Penang
Setelah siap-siap dengan payung, peta, dll aku dan Wawa pun keluar hotel. Hari masih pagi, mungkin sekitar jam 7 lewat. Tujuan kita pagi itu adalah Kedai kopi Kheng Pin yang katanya populer dengan mi pangsit (wonton mee) dan lor bak (sejenis gorengan). Tenggorokan rasanya sedikit kering karena berbagai makanan lezat yang kami santap beberapa hari sebelum perjalanan kami dimulai. Tapi berhubung lor bak ini katanya merupakan salah satu hidangan yang kudu dicoba kalo berkunjung ke Penang. Jadi biarpun tenggorokan rasanya kurang sreg masih juga bela-belain makan gorengan. ha..ha..

Lor bak - gorengan khas Penang yang ini versi penjual di Kheng Pin Cafe

Bakmi pangsitnya rada beda dengan gagrak yang pernah aku coba baik di Jakarta maupun di Amrik. Bakmi pangsit ini diberi kuah warna gelap tapi ngga terlalu asin sih. Udah itu bakminya disajikan dalam piring ceper dengan topping jamur, sobekan daging ayam dll jadi keliatan rame deh.

Lor baknya adalah berbagai gorengan termasuk tahu goreng, dan berbagai jenis gorengan yang disajikan dengan saus kecoklatan yang rada manis asin juga saus cabe. Jadi ambil sepotong gorengan celup ke saus cabe kemudiaan saus manis dan rasakan gurih dan garing dengan paduan manis dan pedas. Sayangnya terlalu sedikit karena aku cuma minta porsi untuk seorang. Harga perporsi untuk 1 orang kalo ngga salah RM5 (sekitar 15rb rupiah).

Belusukan Pasar Chowrasta
Setelah perut kenyang kita pun berjalan kaki menuju arah Pasar Chowrasta yang letaknya di Jalan Chowrasta. Kalo ngga salah Pasar Chowrasta juga terdiri dari kios-kios dalam gedung yang kemudian meluber ke jalan sampingnya. Kita ngga masuk ke dalam gedung karena emang tujuan kita cuma untuk melihat apa ada makanan kecil yang patut dicoba. Di Jalan Chowrastanya sendiri terdapat berbagai pedagang sayur, baju-baju, kelontong, dll.

Kuil Kek Lok Si
Dari Pasar Chowrasta berbekal peta (hari itu masih primitif biarpun sudah berbekal kartu SIM Digi). Jadi pas mau mencari terminal bus KOMTAR sempat muter-muter dulu. Aigoo. Tapi akhirnya ketemu juga dan di situ kita liat papan pengumumannya yang kalo ngga salah bilang bis no 203 jurusan Ayer Itam akan membawa kita ke Kuil Kek Lok Si. Tapi untuk memastikan pada saat kita naik ke bus, aku tetap tanya si oom supir apa benar bis ini menuju Kuil Kek Lok Si. Dan kemudian aku minta tolong supaya kita diberitahu saat haltenya tiba.
Pemandangan dalam bis Rapid Penang

Bis itu ACnya pol sedangkan hari masih pagi dan matahari belum keluar beneran. Lagipula masih ketutupan asap kan jadi jendelanya semuanya berembun. Untung setelah lumayan dekat ke lokasi yaitu dekat dengan pasar Ayer Itam aku mulai melihat tanda-tanda dan juga kuil tersebut dari kejauhan walaupun agak ketutupan asap. Jadinya pas sang pak supir memberitahu kita, kita udah setengah jalan menuju pintu turun.
Jalan dari halte bis menuju arah kuil

Dari halte tempat turun kita tinggal jalan lurus menuju tempat parkiran. Dari situ kita sempat bingung mau ke mana lagi karena lagi ada pembangunan/perbaikan. Terus aku liat papan kecil yang memberikan petunjuk jalan masuk yang ngga gitu besar. Ternyata jalan kecil berupa tangga-tangga kecil menanjak berliku dan melewati berbagai toko penjual cenderamata.
Kolam dengan banyak kura-kura (lihat pilar di bawah bangunan)

Lihat petunjuk di sebelah tukang baju

Sebelum sampai ke kuil terdapat sebuah kolam yang dipagar. Airnya cetek tetapi terdapat banyak kura-kura. Dari situ udah lumayan dekat ke kuil. Dari dekat asap masih saja menghalangi pemandangan sehingga banyak foto yang kami ambil di kuil Kek Lok Si ngga maksimal. Sayang memang dan bikin sebel juga. Udah jauh-jauh ke situ.

Laksa Ayer Itam
Asam laksa di pasar Ayer Itam ini merupakan salah satu alasan aku dan Wawa jauh-jauh ke kuil Kek Lok Si walaupun berasap. Memang kita sudah memperkirakan bahwa asap ini akan membuat pengambilan gambar jadi ngga bagus. Tapi kita tetap aja ke kuil karena sekalian bisa nyicipin asam laksa yang terkenal ini lho. Anthony Bourdain pernah bikin program di mana doi mampir ke Penang dan salah satu tempat yang dikunjungi adalah laksa di pasar Ayer Itam ini.

Asam laksa di pasar Ayer Itam
Prangin Mall
Dari daerah Ayer Itam kita naik bis no 203 ke arah Jetty untuk kembali ke Georgetown. Perjalanan sekitar 40 menit itu membuat kita sempat bobo dalam bis. Pas udah melek ternyata sudah dekat ke tengah kota tepatnya di luar KOMTAR (Kompleks Tun Abdul Razak) yaitu gedung bulat tinggi di tengah kota.

Kita turun di situ dan berjalan ke arah Prangin Mall. Kali ini ngga pake kesasar karena aku pake GPS. hihih. Begitu masuk ke dalam mall langsung melihat papan nama Famous Penang Road Teocheow Chendul. Ah pas banget. Tadinya pengen nyicipin tapi malas pergi nyari ternyata ketemu di sini. Langsung kita pesan yang original. Aku dan Wawa bagi berdua.

Aku dan Wawa keliling Prangin Mall sekedar ngadem tapi ngga ada niat beli apa-apa. Akhirnya cuma beli casing untuk ipad. Dari situ kita berniat balik ke hotel karena masih terlalu pagi untuk makan malam. ha..ha..

Makan Siang Kesiangan
Dalam perjalanan pulang aku sempat mampir ke sebuah toko obat di Jalan Burma. Di situ Wawa sempat lihat sebuah kedai kopi yang ada nasi ayam Hainam. Dasar memang doyan nasi ayam, Wawa langsung ajak mampir. Doi memesan seporsi nasi dengan ayam.
Kwetiau goreng terkenal di jalan Siam

Nasi ayam Hainam di Jalan Burma/Lorong Kinta

Nasi ayam Hainam ala Penang ini bisa pilih ayam rebus, ayam panggang sekaligus dengan (sori ngga halal) babi panggang. Tapi Wawa cuma pilih ayam rebus dengan ayam panggang. Aku ngga cicipin tapi katanya enak sih.

Dari situ karena masih penasaran dengan kwetiau goreng si kakek tua  yang kemarin itu ngga kesampaian kita pun mampir lagi ke Jalan Anson. Kali ini begitu belok ke Jalan Anson langsung keliatan banyak orang yang sedang nungguin pesanan. Aku pun nyamperin gerobak si tukang kwetiau dan pesan dari asisten si kakek tua. Sang asisten cuma bilang waktu tunggunya sekitar 30 menit. Tapi doi ngga catet pesanan.

Aku dan Wawa pun nunggu di kedai kopi di pojokan jalan. Tempatnya ngga begitu gede dan yang nungguin udah meluber ke luar. Sekitar sejam kemudian kita akhirnya mendapatkan pesanan kita. Wawa yang doyan kwetiau goreng bilang rasanya biasa aja. Entahlah mungkin karena terlalu rame sehingga pesanan kita yang seharusnya gede keliatannya ngga terlalu gede.

Makan Malam Kwetiau Lagi
Akhirnya kita beneran balik ke hotel. Charge hp kita berdua sampai penuh dan kita pun siap keluar lagi menjelajah jalanan Georgetown.
Kwetiau goreng Penang versi penjual di Lebuh Kimberley

Mee rebus

Kali ini kita udah pede untuk naik bis. Lagipula aku udah mempelajari rute bis nomor 203. Jadi untuk menghemat waktu kita pun naik bis tersebut. Dari situ kita sambung dengan jalan kaki untuk menuju Lebuh Kimberley. Tapi biarpun berbekal GPS aku dan Wawa masih kesasar ke Lebuh Campbell. Tapi tau ngga Lebuh Campbell itu bagus lho dan lebih mirip daerah untuk turis gitu. Trotoarnya dibikin bagus untuk pejalan kaki. Udah itu toko-tokonya dan restoran sepertinya lebih asyik gitu.

Tapi jauh-jauh ke Lebuh Kimberley ternyata kwetiau goreng yang katanya kudu dicoba sama sekali ngga ada istimewanya. Wawa bilang yang ini sama sekali ngga ada spesialnya. Sedangkan aku akhirnya pesan mee rebus dari sebuah kios orang India. Mee rebus ini rasanya agak aneh. Warnanya rada merah oranye gitu seperti pake saus tomat sehingga rasanya agak sedikit manis sedikit asin. Ngga gitu cocok dengan seleraku.

Habis makan kita pun melihat sekeliling karena tempat itu sepertinya banyak dikunjungi turis untuk mencari makan. Tapi ngga ada yang keliatan menarik jadi kita pun jalan balik ke Jalan Penang untuk menumpang bis pulang.

Untuk semua tempat di bawah ini, kalo pake google maps (maps.google.com) tinggal cari nama kedai kopinya, misalkan : Kheng Pin Cafe - langsung akan muncul lokasinya di peta.

Kheng Pin Cafe
(Lor bak dan bakmi pangsit)
Jalan Penang dengan perempatan Jalan Sri Bahari , Georgetown, Pulau Pinang, Malaysia

Prangin Mall
Jalan Dr Lim Chwee Leong, Georgetown, Pulau Pinang, Malaysia

Nasi ayam Hainam Jalan Burma
Perempatan Jalan Burma dengan Lorong Kinta

Kwetiau goreng kakek tua
Jalan Siam dekat ke Jalan Anson

Sin Guat Keong Coffee Shop
(kwetiau goreng dengan udang galah)
Perempatan Lebuh Kimberley dengan Lorong Chintra

Popular posts from this blog

Hay Day : seputar Derby

Neighborhood house yang sudah diperbaiki Apa sih Hay Day ? Hay Day adalah games dari Supercell mengenai kehidupan pertanian, mulai dari menanam gandum, jagung sampai membuat keju, sushi, dll. Seru lho. Salah satu bagian dari Hay Day adalah partisipasi dalam Derby. Aku udah lumayan lama main Hay Day tapi belum pernah tau mengenai Derby jadi kali ini antusias banget. hihihi..Maklum masih newbie alias anak baru. Untuk ikutan Derby, pertama harus memperbaiki neighborhood house. Ongkosnya 10000 coin dan memakan waktu 24 jam. Habis itu bisa membentuk neighborhood sendiri dan mengajak teman atau keluarga untuk ikutan. Atau bisa join neighborhood lainnya. Coba liat link ini untuk membentuk neighborhood atau join neighborhood.

Which Star Are You From ?

Drama ini menceritakan Choi Seung Hee seorang sutradara yang baru saja kembali ke Korea setelah 3 tahun berusaha melupakan tunangannya yang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas. Dalam rangka mencari lokasi untuk film terbarunya, Seung Hee melanglang ke desa terpencil dan tidak sengaja bertemu Kim Bok Shil. Bok Shil begitu menyita perhatian Seung Hee karena doi mirip sekali dengan mendiang tunangannya yaitu Hye Soo. Singkat cerita Seung Hee dan kru akhirnya memulai syuting di desanya Bok Shil. Bok Shil pun bertemu dengan eksekutif Han Jeung Hoon yang adalah pemilik perusahaan yang membiayai pembuatan film tersebut. Jeung Hoon pun dulunya menyukai mendiang Hye Soo. Melalui JH ini Bok Shil akhirnya mendapatkan pekerjaan di perusahaannya dan pindah ke Seoul. Karena pekerjaan barunya ini, Bok Shil menjadi lebih dekat dengan Seung Hee dan akhirnya mereka menjadi saling menyukai. Tidak disangka, Bok Shil ternyata adalah adik Hye Soo yang selama ini disangka meninggal dalam kebakaran restor

Perlu Ngga Beli Kartu SIM di Penang ?

Jawabannya tergantung keperluan teman-teman sekalian. ha..ha.. Sewaktu aku lagi bikin planning untuk jalan-jalan ke Penang, salah satu blog yang aku baca bilang jangan lupa beli kartu Digi setelah sampai di situ. Digi adalah salah satu provider GSM untuk Malaysia. Katanya sih Digi cakupannya lumayan bagus dengan harga terjangkau. Nah pas jalan kemarin itu aku masih belum bisa memastikan mau beli SIM card atau ngga. Tapi terus terang pas di Jakarta aku dibeliin SIM card XL Axiata yang lumayan banget pas buat jalan-jalan ke Bandung. Dipake untuk google maps lancar, padahal sampai ke Tangkuban Perahu segala. Ngga di kawahnya sih ya, tapi pas turun dikit gitu langsung dapat signal lagi.