Skip to main content

Kyoto Bus One Day Pass - Kyoto, Jepang

Tahun lalu sewaktu kita berkunjung ke Jepang selama seminggu aku dan Wawa cuma menggunakan kereta atau pun jalan kaki. Pakai bis kok rasanya resiko cukup tinggi untuk kesasar dan ngga jelas mau turun di mana. Tapi tahun lalu kita cuma berkunjung ke Tokyo dan Osaka dan kita merasa kereta di situ sangat efisien dan kita bisa ke mana-mana.

Tapi ternyata untuk Kyoto dari forum Kyoto di TripAdvisor banyak orang mengatakan bis di Kyoto lebih efisien untuk menjangkau tempat-tempat wisata. Dan banyak yang menyarankan untuk membeli pass untuk bis yang dinamakan Kyoto Bus One Day Pass.



Apa sih Kyoto Bus One Day Pass ?
Kyoto Bus One Day Pass adalah pass untuk bis yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah Kyoto. Pass ini memungkin pengguna untuk menggunakan bis sepuasnya selama satu hari. Ingat lho, satu hari itu berarti kalo pass tersebut diaktifkan misalnya jam 8 pagi tanggal 1 Januari maka pass tersebut masa berlakunya cuma sampai jam terakhir operasi bis di tanggal 1 Januari tersebut. Pass tersebut cuma berlaku untuk Kyoto City Bus dan Kyoto Bus (silakan lihat gambar dan warna bis tersebut di gambar di bawah).

Berapa harganya dan apakah saya bisa berhemat ?
Harga pass tersebut saat posting ini ditulis adalah JPY600 (IDR81rb) untuk dewasa dan JPY300 (IDR 40500) untuk anak-anak. Menurut situs pemerintah daerah Kyoto, kamu bisa mendapatkan manfaat dari pass ini kalo kamu menggunakan bis lebih dari 3 kali di satu hari. Sekedar tambahan informasi, ongkos sekali naik bis tuh adalah JPY 230. Jarak jauh dan dekat sama saja.

Dari pengalaman menggunakan bis, pass ini sangat berguna karena sebagai turis sudah pasti kita akan berkunjung ke banyak tempat. Dan lagi belum tentu sekali naik bis bisa langsung sampai, ada kemungkinan kesasar dan harus ganti bis. Ini yang terjadi sama kita berdua. Naik bis tapi ke jurusan yang berlawanan. Dan ngga cuma sekali. Kebayang donk ongkos yang harus kita bayar kalo kita ngga memiliki pass tersebut.


Di mana saya bisa membeli pass ini ?
Kamu bisa membeli pass ini di tempat penjualan tiket subway, loket informasi Kyoto City Bus dan Subway dan juga di dalam Kyoto City Bus. Tapi walaupun pass ini bisa dibeli di dalam bis ada kemungkin si sopir kehabisan pass.

Pertama kali kita membeli pass ini adalah di toko yang menjual berbagai barang yang lokasinya dekat dengan loket tiket subway di Stasiun Omiya. Pertama kita pergi menanyakan ke loket tiket dan kemudian kita diarahkan ke toko tersebut.

Kemudian pas sedang menunggu bis aku melihat halte bis tersebut memiliki vending machine yang menjual pass ini. Esok harinya aku juga sempat melihat vending machine yang serupa pas sedang menunggu bis di Stasiun Kyoto.


Gimana sih cara menggunakan pass ini ?
Pass ini cuma bisa digunakan untuk Kyoto City Bus dan Kyoto Bus. Agak berbeda dengan tempat lain adalah, penumpang menaiki bis dari pintu tengah (bukan pintu depan). Pas mau turun penumpang turun dari pintu depan.

Nah kalo kamu menggunakan pass, pertama kali menggunakan pass tersebut kamu harus memasukkan pass ke mesin pembaca yang letaknya bersebelahan dengan pak supir. Jangan kuatir, kalo kamu kelihatan bingung, pak supir bisa membantu kok. Mereka semua ramah-ramah. Setelah kamu memasukkan ke mesin pencetak tersebut maka kartu pass kamu akan mendapatkan tanggal yang dicetak di bagian belakang. Setelah itu kalo kamu menggunakan bis lainnya di hari yang sama, kamu cukup menunjukkan tanggal yang tercetak pada kartu tersebut ke pak supir. Jadi pak supir cuma perlu melihat bahwa kamu memiliki kartu pass yang berlaku untuk hari itu. Mudah kan ?

Comments

Popular posts from this blog

Hay Day : seputar Derby

Neighborhood house yang sudah diperbaiki Apa sih Hay Day ? Hay Day adalah games dari Supercell mengenai kehidupan pertanian, mulai dari menanam gandum, jagung sampai membuat keju, sushi, dll. Seru lho. Salah satu bagian dari Hay Day adalah partisipasi dalam Derby. Aku udah lumayan lama main Hay Day tapi belum pernah tau mengenai Derby jadi kali ini antusias banget. hihihi..Maklum masih newbie alias anak baru. Untuk ikutan Derby, pertama harus memperbaiki neighborhood house. Ongkosnya 10000 coin dan memakan waktu 24 jam. Habis itu bisa membentuk neighborhood sendiri dan mengajak teman atau keluarga untuk ikutan. Atau bisa join neighborhood lainnya. Coba liat link ini untuk membentuk neighborhood atau join neighborhood.

Which Star Are You From ?

Drama ini menceritakan Choi Seung Hee seorang sutradara yang baru saja kembali ke Korea setelah 3 tahun berusaha melupakan tunangannya yang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas. Dalam rangka mencari lokasi untuk film terbarunya, Seung Hee melanglang ke desa terpencil dan tidak sengaja bertemu Kim Bok Shil. Bok Shil begitu menyita perhatian Seung Hee karena doi mirip sekali dengan mendiang tunangannya yaitu Hye Soo. Singkat cerita Seung Hee dan kru akhirnya memulai syuting di desanya Bok Shil. Bok Shil pun bertemu dengan eksekutif Han Jeung Hoon yang adalah pemilik perusahaan yang membiayai pembuatan film tersebut. Jeung Hoon pun dulunya menyukai mendiang Hye Soo. Melalui JH ini Bok Shil akhirnya mendapatkan pekerjaan di perusahaannya dan pindah ke Seoul. Karena pekerjaan barunya ini, Bok Shil menjadi lebih dekat dengan Seung Hee dan akhirnya mereka menjadi saling menyukai. Tidak disangka, Bok Shil ternyata adalah adik Hye Soo yang selama ini disangka meninggal dalam kebakaran restor

Perlu Ngga Beli Kartu SIM di Penang ?

Jawabannya tergantung keperluan teman-teman sekalian. ha..ha.. Sewaktu aku lagi bikin planning untuk jalan-jalan ke Penang, salah satu blog yang aku baca bilang jangan lupa beli kartu Digi setelah sampai di situ. Digi adalah salah satu provider GSM untuk Malaysia. Katanya sih Digi cakupannya lumayan bagus dengan harga terjangkau. Nah pas jalan kemarin itu aku masih belum bisa memastikan mau beli SIM card atau ngga. Tapi terus terang pas di Jakarta aku dibeliin SIM card XL Axiata yang lumayan banget pas buat jalan-jalan ke Bandung. Dipake untuk google maps lancar, padahal sampai ke Tangkuban Perahu segala. Ngga di kawahnya sih ya, tapi pas turun dikit gitu langsung dapat signal lagi.