Skip to main content

Resep Cinnamon Buns

Aku pernah coba bikin cinnamon rolls tapi gagal. Ngga ngembang. Sebel deh. Makanya udah lama ngga bikin. Tapi kemarin ini mendadak pengen makan lagi makanya aku coba lagi. Terus ketemu resep ini. Pertama bikin jadinya banyak. Dan karena pas jadi udah malem, jadi aku pikir mendingan dipanggang besok aja sekalian untuk makan pagi. Tapi pas esok harinya dipanggang jadinya ngga ngembang dan atasnya kering. Terus yang sisa adonan karena disimpan di kulkas aku coba lagi beberapa hari kemudian. Jadinya lumayan tapi ngga terlalu ngembang, mungkin karena kelamaan di kulkas.

Jadi kali ini aku coba bikin ketiga kalinya. Resepnya aku coba setengah resep aja supaya jadinya cuma sekitar 6 buah. Karena paling enak dimakan pas hangat baru keluar dari oven. Tapi karena aku juga pengen cobain roti keju dengan asinan cabe jalapeno makanya setengah resep ini masih dibagi 2 lagi. Coba deh kita lihat gimana hasilnya ya.



Resep ini merupakan adaptasi dari resep Dakota Kelly (Ooey-Goey Cinnamon Buns) yang dipublikasikan lewat Allrecipes.com. Resep aslinya di sini.

Total waktu (termasuk waktu ngembang) : 2.5 jam.
Hasilnya : 6 buah

Bahan :
1 sendok teh (st) gula pasir
1/2 bungkus (4gr) gis
59 ml air hangat (45 derajat Celcius)
59 ml susu
49.5 gr gula pasir
28 gr mentega
1/2 st garam
1 butir telur

240 gr tepung terigu + 1 sendok makan baking powder
15 gr mentega
95 gr gula coklat (brown sugar)
1 sendok makan bubuk kayu manis

Cara membuat :
Masukkan gis dan 1 st gula pasir di sebuah mangkok kecil. Tuangkan air hangat, aduk rata dan diamkan sekitar 10 menit sampai adonan keliatan sedikit mengembang. Proses ini untuk mengetahui apakah gis masih aktif atau ngga. Kalo ngga keliatan mengembang berarti gis sudah terlalu tua atau mungkin air terlalu panas atau kurang hangat.

Resep aslinya menggunakan mixer untuk mengocok telur dan terigu. Tapi berhubung mixer pegang ngga terlalu bagus, jadi untuk setengah resep bisa dikocok dengan tangan.

Panaskan susu sampai panas, masukkan gula pasir dan 28 gr mentega, aduk sampai mentega meleleh. Diamkan sampai agak dingin.

Gunakan whisker balon untuk mengocok telur sampai mengembang. Masukkan adonan mentega susu. Kocok rata. Masukkan adonan gis. Kocok rata. Masukkan terigu sedikit demi sedikit. Kocok rata. Atau kalo udah terlalu susah diaduk, gunakan pengaduk adonan biasa.

Kemudian keluarkan adonan dari mangkok pengadok ke talenan atau permukaan bersih yang dikasih sedikit tepung. Adonan kemudian harus diulenin sekitar 8-10 menit. Kalo terlalu lengket bisa dikasih tepung sedikit demi sedikit. Jangan kebanyakan. Lama kelamaan akan berkurang lengketnya. Proses ini penting dan jangan dilewatkan. Dengan diulenin akan mengaktifkan gluten yang terdapat di dalam tepung terigu sehingga proses pengembangan lebih bagus.

Siapkan sebuah mangkok besar yang diberikan minyak. Gunakan kuas untuk meratakan minyak di dalam mangkok. Masukkan adonan ke mangkok ini setelah selesai proses pengulenan. Tutup mangkok dengan plastik shrink wrap atau tutup dengan kain bersih yang sedikit lembab. Sisihkan mangkok di tempat yang agak hangat. Tunggu 1 jam sampai adonan mengembang lebih besar.

Keluarkan adonan ke talenan atau permukaan yang diberikan sedikit tepung. Gunakan gilingan kue (rolling pin) dan giling sampai adonan berbentuk agak kotak dengan tipis 1 cm  Campur 15 gr mentega dengan gula coklat dan bubuk kayu manis. Aduk rata. Gunakan kuas atau sendok untuk meratakan adonan mentega gula kayu manis di atas adonan. Kemudian gulung adonan hingga berbentuk gulungan. Dengan menggunakan pisau yang tajam potong gulungan tersebut sekitar 3cm. Atau 6 potong.

Siapkan loyang yang sudah dilapis mentega. Susun 6 potongan tersebut di dalam loyang. Beri jarak untuk setiap potong.

Tutup dengan kain tipis. Sisihkan selama 1 jam

Panaskan oven sekitar 191 derajat Celcius. Kemudian masukkan loyang dan panggang sekitar 12 menit. Atau sampai adonan berwarna kecoklatan. Hati-hati jangan sampai hangus karena adonan gula yang keluar membuat roti kayu manis ini cepat hangus.

Sajikan selagi hangat. Yum.



Comments

Popular posts from this blog

Hay Day : seputar Derby

Neighborhood house yang sudah diperbaiki Apa sih Hay Day ? Hay Day adalah games dari Supercell mengenai kehidupan pertanian, mulai dari menanam gandum, jagung sampai membuat keju, sushi, dll. Seru lho. Salah satu bagian dari Hay Day adalah partisipasi dalam Derby. Aku udah lumayan lama main Hay Day tapi belum pernah tau mengenai Derby jadi kali ini antusias banget. hihihi..Maklum masih newbie alias anak baru. Untuk ikutan Derby, pertama harus memperbaiki neighborhood house. Ongkosnya 10000 coin dan memakan waktu 24 jam. Habis itu bisa membentuk neighborhood sendiri dan mengajak teman atau keluarga untuk ikutan. Atau bisa join neighborhood lainnya. Coba liat link ini untuk membentuk neighborhood atau join neighborhood.

Which Star Are You From ?

Drama ini menceritakan Choi Seung Hee seorang sutradara yang baru saja kembali ke Korea setelah 3 tahun berusaha melupakan tunangannya yang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas. Dalam rangka mencari lokasi untuk film terbarunya, Seung Hee melanglang ke desa terpencil dan tidak sengaja bertemu Kim Bok Shil. Bok Shil begitu menyita perhatian Seung Hee karena doi mirip sekali dengan mendiang tunangannya yaitu Hye Soo. Singkat cerita Seung Hee dan kru akhirnya memulai syuting di desanya Bok Shil. Bok Shil pun bertemu dengan eksekutif Han Jeung Hoon yang adalah pemilik perusahaan yang membiayai pembuatan film tersebut. Jeung Hoon pun dulunya menyukai mendiang Hye Soo. Melalui JH ini Bok Shil akhirnya mendapatkan pekerjaan di perusahaannya dan pindah ke Seoul. Karena pekerjaan barunya ini, Bok Shil menjadi lebih dekat dengan Seung Hee dan akhirnya mereka menjadi saling menyukai. Tidak disangka, Bok Shil ternyata adalah adik Hye Soo yang selama ini disangka meninggal dalam kebakaran restor

Perlu Ngga Beli Kartu SIM di Penang ?

Jawabannya tergantung keperluan teman-teman sekalian. ha..ha.. Sewaktu aku lagi bikin planning untuk jalan-jalan ke Penang, salah satu blog yang aku baca bilang jangan lupa beli kartu Digi setelah sampai di situ. Digi adalah salah satu provider GSM untuk Malaysia. Katanya sih Digi cakupannya lumayan bagus dengan harga terjangkau. Nah pas jalan kemarin itu aku masih belum bisa memastikan mau beli SIM card atau ngga. Tapi terus terang pas di Jakarta aku dibeliin SIM card XL Axiata yang lumayan banget pas buat jalan-jalan ke Bandung. Dipake untuk google maps lancar, padahal sampai ke Tangkuban Perahu segala. Ngga di kawahnya sih ya, tapi pas turun dikit gitu langsung dapat signal lagi.