Skip to main content

Muffin Chocolate Chip


Kemarin ini lagi pengen bikin yang manis. Mau bikin kue kok males banget lagipula kue lebih gampang gagal. Yang ngga ngembang, yang bantet. Belum lagi kebanyakan kue harus pake mixer. Jadi aku pikir bikin muffin lebih gampang dan kemungkinan gagal lebih kecil.

Resep berikut aku dapat dari Sally's Baking Addiction. Resep berikut akan menghasilkan 6 muffin ukuran jumbo, atau 15-16 muffin ukuran biasa atau 30 muffin ukuran mini. Berhubung loyang muffinku cuma ada 6 aku cuma bikin 1/3 dari resep ini.

Yang harus diingat sangat mencampur bahan kering dan bahan basah, jangan diaduk terlalu lama. Cukup sekitar 20 adukan. Adonan akan terlihat sedikit menggumpal tapi itu normal. Kalo diaduk terlalu lama akan menghasilkan muffin yang keras. Pas dipanggang, 5 menit pertama sengaja dengan suhu yang lebih tinggi supaya muffinnya akan sedikit garing pas digigit.



Bahan :
375 gr tepung terigu
4 sendok teh baking powder
1/2 sendok teh garam
1 sendok teh bubuk kayu manis
1/4 sendok teh bubuk pala
2 butir telur ukuran besar - keluarkan lebih awal dari kulkas supaya ngga dingin
80 gr yogurt yang sudah didiamkan di luar
200 gr gula pasir (boleh dikurangin kalo ngga mau terlalu manis)
240 ml susu segar atau susu bubuk yang sudah dicampur air
80 ml minyak sayur
60 gr mentega - cairkan dan diamkan sejenak supaya tidak terlalu panas
270 gr chocolate chips yang semi sweets atau dark chocolate
1 sendok teh vanila
sedikit gula kasar untuk taburan (kalo mau)

Cara membuat :
Panaskan oven sekitar 218℃. Lumuri loyang muffin dengan mentega secukupnya. Atau gunakan liner.

Campur tepung terigu, bubuk kayu manis, bubuk pala dan baking powder. Sisihkan.

Dengan menggunakan whisker, aduk yogurt, telur dan gula sampai tercampur rata. Masukkan minyak dan vanila. Adonan akan berwarna kuning pucat. Campurkan bahan kering dengan pola melipat. Jangan diaduk berlebihan. Adonan akan menjadi kental dan agak bergumpal. Campurkan chocolate chips dengan pola melipat.

Tuang adonan dalam loyang muffin. Penuhin sampai ke atas. Taburkan gula kasar kalo  mau. Gula kasar ini akan membuat muffin lebih garing pas digigit.

Masukkan loyang muffin dan panggang selama 5 menit. Kemudian turunkan temperatur menjadi 177 ℃ dan panggang selama 25-26 menit sampai permukaan muffin menjadi kuning keemasan. Gunakan tusuk sate untuk mengetes kematangan.

Setelah loyang dikeluarkan dari oven. Tunggu sekitar 10 menit sebelum dikeluarkan.

Comments

Popular posts from this blog

Hay Day : seputar Derby

Neighborhood house yang sudah diperbaiki Apa sih Hay Day ? Hay Day adalah games dari Supercell mengenai kehidupan pertanian, mulai dari menanam gandum, jagung sampai membuat keju, sushi, dll. Seru lho. Salah satu bagian dari Hay Day adalah partisipasi dalam Derby. Aku udah lumayan lama main Hay Day tapi belum pernah tau mengenai Derby jadi kali ini antusias banget. hihihi..Maklum masih newbie alias anak baru. Untuk ikutan Derby, pertama harus memperbaiki neighborhood house. Ongkosnya 10000 coin dan memakan waktu 24 jam. Habis itu bisa membentuk neighborhood sendiri dan mengajak teman atau keluarga untuk ikutan. Atau bisa join neighborhood lainnya. Coba liat link ini untuk membentuk neighborhood atau join neighborhood.

Which Star Are You From ?

Drama ini menceritakan Choi Seung Hee seorang sutradara yang baru saja kembali ke Korea setelah 3 tahun berusaha melupakan tunangannya yang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas. Dalam rangka mencari lokasi untuk film terbarunya, Seung Hee melanglang ke desa terpencil dan tidak sengaja bertemu Kim Bok Shil. Bok Shil begitu menyita perhatian Seung Hee karena doi mirip sekali dengan mendiang tunangannya yaitu Hye Soo. Singkat cerita Seung Hee dan kru akhirnya memulai syuting di desanya Bok Shil. Bok Shil pun bertemu dengan eksekutif Han Jeung Hoon yang adalah pemilik perusahaan yang membiayai pembuatan film tersebut. Jeung Hoon pun dulunya menyukai mendiang Hye Soo. Melalui JH ini Bok Shil akhirnya mendapatkan pekerjaan di perusahaannya dan pindah ke Seoul. Karena pekerjaan barunya ini, Bok Shil menjadi lebih dekat dengan Seung Hee dan akhirnya mereka menjadi saling menyukai. Tidak disangka, Bok Shil ternyata adalah adik Hye Soo yang selama ini disangka meninggal dalam kebakaran restor

Perlu Ngga Beli Kartu SIM di Penang ?

Jawabannya tergantung keperluan teman-teman sekalian. ha..ha.. Sewaktu aku lagi bikin planning untuk jalan-jalan ke Penang, salah satu blog yang aku baca bilang jangan lupa beli kartu Digi setelah sampai di situ. Digi adalah salah satu provider GSM untuk Malaysia. Katanya sih Digi cakupannya lumayan bagus dengan harga terjangkau. Nah pas jalan kemarin itu aku masih belum bisa memastikan mau beli SIM card atau ngga. Tapi terus terang pas di Jakarta aku dibeliin SIM card XL Axiata yang lumayan banget pas buat jalan-jalan ke Bandung. Dipake untuk google maps lancar, padahal sampai ke Tangkuban Perahu segala. Ngga di kawahnya sih ya, tapi pas turun dikit gitu langsung dapat signal lagi.