Skip to main content

Nasi Biryani Kosong

Kemarin ini aku pengen bikin kari ikan khas India. Ngga pernah bikin sih sebelumnya 😅 Tapi ngga apalah sekarang ini banyak banget resep masakan di YouTube. Pasti bisa ketemu resep kari ikan yang lumayan. Akhirnya ketemu sih. Aku bikin kari ikan dengan bumbu masala yang bumbunya ngga ribet banget. Hasilnya lumayan karena aku campur dengan kari ayam buatan Malaysia yang biasanya kita pakai untuk bikin kari ayam. Trus aku tambah 3 buah tomat yang diblender jadi halus.

Tips
Masakan kari India biasanya agak berminyak karena memang menggunakan banyak minyak untuk menumis bumbu supaya bumbunya lebih wangi. Juga masakan kelihatan lebih cakep karena mengkilat. Tapi kalo kalian pengen ngurangin asupan minyak, boleh kurangi jumlah minyak saat menumis. Hasilnya bumbunya mungkin ngga sewangi yang seharusnya. Tapi seenggaknya lebih sehat kan ?

Selain itu karena menggunakan lebih sedikit minyak, bawang dan bumbu lainnya harus digodok agak lama sedikit supaya lebih lunak. Dan setelah apinya dimatikan. Diamkan dulu sampai agak dingin sebelum diblender. Hasilnya sausnya akan lebih halus tanpa menggunakan banyak minyak. Saus yang lebih halus ini lebih enak dimakan dengan nasi, roti atau pun naan.

Kemarin ini aku pengen bikin nasi biryani kosong alias nasi biryani doank. Dulu aku pernah bikin nasi biryani tapi aku merasa masih agak rumit. Dan aku ketemu resep di YouTube ini untuk nasi biryani kosong yang keliatannya lebih simpel.

Catatan :
Nasi biryani ini dimaksudkan untuk dimasak dengan menggunakan rice cooker. Jadi kalo kalian memiliki rice cooker yang memiliki pilihan untuk oseng bisa langsung di oseng di rice cooker. Tapi kalo ngga bisa bumbu-bumbu bisa dioseng dulu di kuali baru nanti dimasukkan ke rice cooker.



Bahan :
1 gelas beras basmati
2 sendok makan bumbu2 utuh (kapulaga, cengkeh, kayu manis, pekak, lada hitam, daun salam)
2 sendok makan minyak/ghee (bagi 2)
1/2 bawang bombay - sekitar 8 sendok makan
1 st bawang putih tumbuk halus
1 st jahe halus
1/2 st cabe halus
1 st garam masala
1/2 st bubuk cabe (sesuai selera)
8 sm yogurt biasa (sesuai selera)
1 1/4 gelas kaldu sayuran/air + jus 2 buah tomat

Cara membuat :
Rendam beras sekitar 30 menit

Panaskan 1 sm minyak. Setelah minyak panas, oseng bumbu2 utuh sampai wangi. Kemudian masukkan bawang bombay. Aduk-aduk dan oseng selama 6-7 menit kemudian masukkan bawang putih halus, jahe and cabe. Juga masukkan bubuk kunyit, bubuk cabe dan garam masala. Aduk-aduk selama beberapa menit.

Kemudian masukkan yogurt (kalo mau) atau bisa pake sedikit santan untuk menggantikan yogurt. Masukkan beras dan tambahan kaldu sayuran atau air.

Atau kalo menggunakan kuali, pindahkan bumbu/air ke dalam rice cooker yang sudah terisi beras. Masuk nasi seperti biasa.

Bisa disajikan dengan ayam tikka masala atau kari ayam.






Comments

Popular posts from this blog

Hay Day : seputar Derby

Neighborhood house yang sudah diperbaiki Apa sih Hay Day ? Hay Day adalah games dari Supercell mengenai kehidupan pertanian, mulai dari menanam gandum, jagung sampai membuat keju, sushi, dll. Seru lho. Salah satu bagian dari Hay Day adalah partisipasi dalam Derby. Aku udah lumayan lama main Hay Day tapi belum pernah tau mengenai Derby jadi kali ini antusias banget. hihihi..Maklum masih newbie alias anak baru. Untuk ikutan Derby, pertama harus memperbaiki neighborhood house. Ongkosnya 10000 coin dan memakan waktu 24 jam. Habis itu bisa membentuk neighborhood sendiri dan mengajak teman atau keluarga untuk ikutan. Atau bisa join neighborhood lainnya. Coba liat link ini untuk membentuk neighborhood atau join neighborhood.

Which Star Are You From ?

Drama ini menceritakan Choi Seung Hee seorang sutradara yang baru saja kembali ke Korea setelah 3 tahun berusaha melupakan tunangannya yang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas. Dalam rangka mencari lokasi untuk film terbarunya, Seung Hee melanglang ke desa terpencil dan tidak sengaja bertemu Kim Bok Shil. Bok Shil begitu menyita perhatian Seung Hee karena doi mirip sekali dengan mendiang tunangannya yaitu Hye Soo. Singkat cerita Seung Hee dan kru akhirnya memulai syuting di desanya Bok Shil. Bok Shil pun bertemu dengan eksekutif Han Jeung Hoon yang adalah pemilik perusahaan yang membiayai pembuatan film tersebut. Jeung Hoon pun dulunya menyukai mendiang Hye Soo. Melalui JH ini Bok Shil akhirnya mendapatkan pekerjaan di perusahaannya dan pindah ke Seoul. Karena pekerjaan barunya ini, Bok Shil menjadi lebih dekat dengan Seung Hee dan akhirnya mereka menjadi saling menyukai. Tidak disangka, Bok Shil ternyata adalah adik Hye Soo yang selama ini disangka meninggal dalam kebakaran restor

Perlu Ngga Beli Kartu SIM di Penang ?

Jawabannya tergantung keperluan teman-teman sekalian. ha..ha.. Sewaktu aku lagi bikin planning untuk jalan-jalan ke Penang, salah satu blog yang aku baca bilang jangan lupa beli kartu Digi setelah sampai di situ. Digi adalah salah satu provider GSM untuk Malaysia. Katanya sih Digi cakupannya lumayan bagus dengan harga terjangkau. Nah pas jalan kemarin itu aku masih belum bisa memastikan mau beli SIM card atau ngga. Tapi terus terang pas di Jakarta aku dibeliin SIM card XL Axiata yang lumayan banget pas buat jalan-jalan ke Bandung. Dipake untuk google maps lancar, padahal sampai ke Tangkuban Perahu segala. Ngga di kawahnya sih ya, tapi pas turun dikit gitu langsung dapat signal lagi.