Skip to main content

Resep Ketupat Nasi Dengan Rice Cooker

Sebelum-belumnya aku pernah coba bikin ketupat beras pake rice cooker. Intinya nasinya dimasak lembek terus dijejelin ke tupper ware. Simpen di kulkas, besoknya potong-potong jadi ketupat deh.

Biarpun kelihatannya sederhana ternyata kaga jadi tuh. Maksudnya nasinya masih kelihatan sebiji-sebiji dan pas dipotong jadi berantakan lagi. Habis itu jadi males deh.

Eh baru-baru ini temanku di KrisCookBook bikin video tentang cara bikin ketupat. Kebetulan doi juga bikin sate Pontianak. Jadi ketupat tersebut untuk teman makan sate Pontianak.

Porsi : 4 piring

Bahan :
300 gr beras pera
900 ml air
2-3 lembar daun pandan, cuci, ikat

Cara membuat :
Masak nasi sesuai dengan cara memasak rice cooker kalian.

Setelah masak, buang daun pandan. Kemudian dengan menggunakan centong tekan-tekan nasi supaya menjadi lebih lembek dan ngga keliatan butirannya lagi.

Siapkan tupper ware/loyang yang sudah diolesi minyak. Tekan nasi lembek tersebut ke loyang tersebut. Pastikan nasinya ditekan supaya padat. Kalo ngga esok harinya bakal lepas pas dipotong.

Setelah agak adem, tutup tupperware/loyang dengan plastik shrinkwrap. Masukkan kulkas. Esok harinya tinggal dipotong sesuai selera.

Kali ini aku bikin ketupat ini dengan niat bikin lontong sayur. Idenya dapat dari seorang teman yang menanyakan cara bikin ketupat. Kebetulan banget ya ?





LONTONG SAYUR SEDERHANA (5-6 porsi)
Bahan :
1 buah tahu goreng - potong kotak atau potong segitiga sesuai selera
1 potong tempe - potong kotak 2 cm
1 buah labu siam - buang kulit, potong kotak sekitar 2.5 cm
1 buah jagung manis (potong 4)
2 buah wortel - potong ukuran korek api
15 buncis - potong sekitar 4 cm

Bumbu dihaluskan :
4-5 kemiri sangrai
3-4 bawang merah
4-5 bawang putih
2-3 daun salam (bay leaf)
1 potong lengkuas (kurang lebih 5 cm)
daun melinjo dan biji melinjo (kalo ada - aku ngga pake karena ngga bisa ketemu di sini)
sambal terasi secukupnya
200 ml santan
air secukupnya
bubuk kaldu secukupnya
garam secukupnya

Cara membuat :
Kemiri sangrai dan sisihkan. Setelah agak adem, haluskan dengan bawang merah dan bawang. Bisa tambahkan sedikit air supaya lebih halus. Kemudian dengan menggunakan sedikit minyak, tumis sampai wangi sebelum memasukkan  bumbu-bumbu lainnya. Salah satu YouTuber mengatakan dengan menumis bumbu, sayur lodeh ini bisa tahan lebih lama.

Setelah semua bumbu sudah wangi, tambahkan air dan masukkan wortel dan jagung terlebih dahulu. Setelah wortel dan jagung direbus sekitar 10 menit, sayur-sayuran lainnya bisa dimasukkan. Demikian juga santan, terasi dan bumbu lainnya.

Jangan lupa diaduk sampai rata. Masak sekitar 15 menit atau sesuai selera kalo memang suka sayurannya ngga terlalu lembek. Kemudian cicip rasa dan bisa tambahkan garam dllnya kalo memang kurang cocok.

Sajikan sayur lodeh ini dengan ketupat.

KETOPRAK
Bahan isi :
Bihun - seduh air panas - sisihkan
Ketupat
Toge - rebus
Ketimun - potong ukuran korek api
Tahu goreng - potong kotak 2 cm
Kerupuk secukupnya

Bahan bumbu :
Kacang goreng atau kacang panggang semangkok kecil. Tumbuk halus
Garam
Gula kelapa/gula aren
3-4 butir bawang putih tumbuk untuk setiap porsi
Cabe secukupnya
Air secukupnya

Cara membuat :
Susun semua bahan isi di sebuah piring. Campurkan bahan bumbu (kecuali air) di sebuah mangkok terpisah. Masukkan air sedikit demi sedikit. Bumbu kacangnya harus sedikit kental dan tidak terlalu encer.

Untuk mudahnya bisa menggunakan peanut butter botol untuk menggantikan kacang goreng/kacang panggang. Atau bisa juga menggunakan bumbu gado2 jadi. Tapi jangan lupa bawang putih tumbuk. Itu penting banget !

Setelah bumbu kacangnya sudah jadi. Tinggal disiram di atas bahan isi. Kemudian pecahkan kerupuk dan sebarkan di atas ketoprak yang sudah jadi.

Selamat Menikmati !

Comments

Popular posts from this blog

Hay Day : seputar Derby

Neighborhood house yang sudah diperbaiki Apa sih Hay Day ? Hay Day adalah games dari Supercell mengenai kehidupan pertanian, mulai dari menanam gandum, jagung sampai membuat keju, sushi, dll. Seru lho. Salah satu bagian dari Hay Day adalah partisipasi dalam Derby. Aku udah lumayan lama main Hay Day tapi belum pernah tau mengenai Derby jadi kali ini antusias banget. hihihi..Maklum masih newbie alias anak baru. Untuk ikutan Derby, pertama harus memperbaiki neighborhood house. Ongkosnya 10000 coin dan memakan waktu 24 jam. Habis itu bisa membentuk neighborhood sendiri dan mengajak teman atau keluarga untuk ikutan. Atau bisa join neighborhood lainnya. Coba liat link ini untuk membentuk neighborhood atau join neighborhood.

Which Star Are You From ?

Drama ini menceritakan Choi Seung Hee seorang sutradara yang baru saja kembali ke Korea setelah 3 tahun berusaha melupakan tunangannya yang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas. Dalam rangka mencari lokasi untuk film terbarunya, Seung Hee melanglang ke desa terpencil dan tidak sengaja bertemu Kim Bok Shil. Bok Shil begitu menyita perhatian Seung Hee karena doi mirip sekali dengan mendiang tunangannya yaitu Hye Soo. Singkat cerita Seung Hee dan kru akhirnya memulai syuting di desanya Bok Shil. Bok Shil pun bertemu dengan eksekutif Han Jeung Hoon yang adalah pemilik perusahaan yang membiayai pembuatan film tersebut. Jeung Hoon pun dulunya menyukai mendiang Hye Soo. Melalui JH ini Bok Shil akhirnya mendapatkan pekerjaan di perusahaannya dan pindah ke Seoul. Karena pekerjaan barunya ini, Bok Shil menjadi lebih dekat dengan Seung Hee dan akhirnya mereka menjadi saling menyukai. Tidak disangka, Bok Shil ternyata adalah adik Hye Soo yang selama ini disangka meninggal dalam kebakaran restor

Perlu Ngga Beli Kartu SIM di Penang ?

Jawabannya tergantung keperluan teman-teman sekalian. ha..ha.. Sewaktu aku lagi bikin planning untuk jalan-jalan ke Penang, salah satu blog yang aku baca bilang jangan lupa beli kartu Digi setelah sampai di situ. Digi adalah salah satu provider GSM untuk Malaysia. Katanya sih Digi cakupannya lumayan bagus dengan harga terjangkau. Nah pas jalan kemarin itu aku masih belum bisa memastikan mau beli SIM card atau ngga. Tapi terus terang pas di Jakarta aku dibeliin SIM card XL Axiata yang lumayan banget pas buat jalan-jalan ke Bandung. Dipake untuk google maps lancar, padahal sampai ke Tangkuban Perahu segala. Ngga di kawahnya sih ya, tapi pas turun dikit gitu langsung dapat signal lagi.