Skip to main content

Garlic Bread Ala Korea

Ini katanya lagi ngetrend sekarang ini. Aku karena ngga tinggal di Jakarta jadi kurang ngikutin. Kebetulan liat Instagram ada posting garlic bread ala korea yang keliatannya yahud. Aku kasih tau seorang teman yang kemudian ngasih tau balik kalo aku ketinggalan jaman.😅

Sejauh ini aku lihat harga jual per buah sekitar 66rb. Bikinnya ngga terlalu susah kalo memang kalian suka baking - bikin makanan kecil dengan oven. Di Jakarta mungkin ngga terlalu susah cari bahan seperti cream cheese, whipcream dan parsley. Selebihnya sepertinya standar aja, terigu, gula, dll.

Resep berikut disadur dari cookpad yang postingnya berasal dari Prisca Arthalia.



Bahan roti :
110 ml susu cair (1.5 sendok makan susu bubuk dengan 110 ml air hangat)
30 gr gula pasir
4 gr ragi
100 gr tepung oatmeal
150 gr tepung terigu/tepung cakra
(kalo pengen semua pake tepung terigu juga boleh)
1 butir telur
3 gr garam
20 gr unsalted butter (mentega tanpa garam)

Cream cheese :
250 gr cream cheese
25 gr gula pasir
50 ml whipcream cair (1 sendok makan susu cair)]

Butter glaze
130 gr unsalted butter
1 butir telur
2 sendok teh SKM
2 sendok makan bawang putih cincang
1 sendok makan parsley cincang (segar/kering)

Cara Membuat
Untuk membuat roti, campurkan gula pasir dan ragi serta susu cair di sebuah mangkok kecil. Aduk sampai raginya larut dan tercampur rata. Kemudian di sebuah mangkok aduk yang lebih besar, campur tepung, telur dan garam. Kemudian tuangkan adonan ragi ke mangkok yang lebih besar. Aduk rata sampai menjadi bentuk adonan dan uleni. Setelah tercampur rata dan diuleni sekitar 5 menit, masukkan mentega dan ulenin lagi sampai mentega tercampur rata sekitar 15 menit lagi. Bulatkan menjadi adonan yang licin, masukkan ke mangkok besar yang sudah dikuas dengan minyak. Tutup mangkok dengan shrink wrap.

Tunggu adonan sampai menjadi 2 kali ukuran semula (kurang lebih 60 menit).

Keluarkan adonan, kempeskan. Gunakan timbangan untuk membagi adonan menjadi 4 potongan sama besar. Ulenin sedikit dan bentuk menjadi bola adonan yang lebih kecil. Total sekarang adalah 4 buah roti bulat. Sisihkan di sebuah loyang yang sudah dilapis kertas roti/aluminum foil atau loyang yang sudah dikuas minyak supaya tidak lengket. Tutup loyang dengan shrink wrap lagi dan sisihkan selama 30 menit sampai roti bulat menjadi 2x ukuran semula.

Setelah 30 menit, panggang roti bulat dalam oven dengan suhu 180℃ kurang lebih 20 menit (sesuaikan dengan oven masing-masing).

Selama menunggu roti bulat dipanggang, silakan siapkan adonan cream cheese. Aduk rata semua bahan cream cheese dan masukkan ke piping bag (kalo ada). Alternatif lain bisa pake kantung plastik kemudian dipotong ujungnya (jangan terlalu besar ya). Atau kalo males cari kantong plastik, aku pake cara males yaitu dengan menggunakan pisau roti, untuk menyelipkan adonan cream cheese ke sela-sela roti. Cara ini lebih berabe karena resiko berantakan cukup besar. Kalo ngga peduli dengan kerapian - untuk makan sendiri - boleh-boleh aja sih.

Untuk adonan butter glaze, lelehkan mentega dengan menggunakan sebuah mangkok yang diletakkan di dalam wajan yang berisi air panas. Cara ini akan membuat mentega meleleh tanpa memanaskan mentega langsung di atas api. Setelah mentega meleleh sisihkan dan biarkan agak dingin sebelum memasukkan telor yang sudah dikocok dan sisa adonan butter glaze lainnya. Kemudian sisihkan.

Setelah roti menjadi keemasan, keluarkan dari oven dan sisihkan di atas rak berjeruji untuk dianginkan. Setelah agak dingin baru bisa dihias dengan cream cheese. Dengan menggunakan pisau pemotong roti, buat irisan memanjang di roti bulat. Perkirakan dulu di mana kalian akan mengiris supaya setiap irisan kurang lebih sama besar. Perhatikan juga irisan roti supaya roti tidak terbelah bagian bawahnya karena kita masih menginginkan roti yang bulat utuh.

Dengan menggunakan sendok, tuangkan adonan butter glaze di selah-selah roti sebelum mengisi selah dengan cream cheese. Setelah selah roti terisi cream cheese. Celupkan roti bagian atas ke mangkok yang berisi butter glaze supaya bagian atas semua tertutup butter glaze. Atau bisa juga menggunakan kuas untuk menguas.

Tips. Kalo menggunakan pisau roti untuk mengisi cream cheese ke selah roti. Setelah selesai keseluruhan roti, bisa menggunakan tisue makanan untuk mengelap cream cheese yang berlebihan. Tujuannya supaya kelihatan lebih rapi aja.

Setelah semua roti terisi cream cheese dan tercelup butter glaze. Kalian bisa menambahkan segumpal cream cheese ke bagian tengah roti untuk hiasan. Panaskan oven ke 160℃ dan panggang roti lagi selama 10 menit.

Keluarkan dan dinginkan sebentar sebelum mulai disantap.

Selama mencoba. Jangan lupa untuk share Instagram : @lulu_bloggerwannabe

Comments

Popular posts from this blog

Hay Day : seputar Derby

Neighborhood house yang sudah diperbaiki Apa sih Hay Day ? Hay Day adalah games dari Supercell mengenai kehidupan pertanian, mulai dari menanam gandum, jagung sampai membuat keju, sushi, dll. Seru lho. Salah satu bagian dari Hay Day adalah partisipasi dalam Derby. Aku udah lumayan lama main Hay Day tapi belum pernah tau mengenai Derby jadi kali ini antusias banget. hihihi..Maklum masih newbie alias anak baru. Untuk ikutan Derby, pertama harus memperbaiki neighborhood house. Ongkosnya 10000 coin dan memakan waktu 24 jam. Habis itu bisa membentuk neighborhood sendiri dan mengajak teman atau keluarga untuk ikutan. Atau bisa join neighborhood lainnya. Coba liat link ini untuk membentuk neighborhood atau join neighborhood.

Which Star Are You From ?

Drama ini menceritakan Choi Seung Hee seorang sutradara yang baru saja kembali ke Korea setelah 3 tahun berusaha melupakan tunangannya yang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas. Dalam rangka mencari lokasi untuk film terbarunya, Seung Hee melanglang ke desa terpencil dan tidak sengaja bertemu Kim Bok Shil. Bok Shil begitu menyita perhatian Seung Hee karena doi mirip sekali dengan mendiang tunangannya yaitu Hye Soo. Singkat cerita Seung Hee dan kru akhirnya memulai syuting di desanya Bok Shil. Bok Shil pun bertemu dengan eksekutif Han Jeung Hoon yang adalah pemilik perusahaan yang membiayai pembuatan film tersebut. Jeung Hoon pun dulunya menyukai mendiang Hye Soo. Melalui JH ini Bok Shil akhirnya mendapatkan pekerjaan di perusahaannya dan pindah ke Seoul. Karena pekerjaan barunya ini, Bok Shil menjadi lebih dekat dengan Seung Hee dan akhirnya mereka menjadi saling menyukai. Tidak disangka, Bok Shil ternyata adalah adik Hye Soo yang selama ini disangka meninggal dalam kebakaran restor

Perlu Ngga Beli Kartu SIM di Penang ?

Jawabannya tergantung keperluan teman-teman sekalian. ha..ha.. Sewaktu aku lagi bikin planning untuk jalan-jalan ke Penang, salah satu blog yang aku baca bilang jangan lupa beli kartu Digi setelah sampai di situ. Digi adalah salah satu provider GSM untuk Malaysia. Katanya sih Digi cakupannya lumayan bagus dengan harga terjangkau. Nah pas jalan kemarin itu aku masih belum bisa memastikan mau beli SIM card atau ngga. Tapi terus terang pas di Jakarta aku dibeliin SIM card XL Axiata yang lumayan banget pas buat jalan-jalan ke Bandung. Dipake untuk google maps lancar, padahal sampai ke Tangkuban Perahu segala. Ngga di kawahnya sih ya, tapi pas turun dikit gitu langsung dapat signal lagi.