Skip to main content

Makanan Favorit Baru : Rice Roll

Sebenarnya makanan ini ngga termasuk baru. Sebelumnya aku dan Wawa sudah sering nyobain rice roll alias cong fan ini di resto yang menyediakan dimsum. Cuma yang beda aku rasa adalah beda gagrak ? Dan juga cong fan kesukaanku yang baru ini dibikin di tempat. Jadi rasanya beda banget. Fresh gitu. 

Di restoran dimsum biasanya cong fannya biasanya berasa banget rasa nasi/tepung berasnya. Juga teksturnya yang lebih tebal dan kenyal. Sedangkan cong fan yang fresh tuh lebih seperti kulit tipis yang berlapis-lapis dengan isi berbeda seperti udang atau daging cincang.

Sebenarnya kalo dipikir-pikir cong fan fresh ini pernah aku coba di pasar Muara Karang di Jakarta, Indonesia. Ini sih udah lama banget ya. Waktu itu ada yang jual cong fan khas Pontianak di Pasar MK. Cong fan ini simpel banget, cuma berupa selapis-lapis dengan sedikit daun bawang. Kaga ada udang apalagi daging. Makanya murah tapi juga kurang menggigit. Toppingnya daun bawang dan bawang goreng dengan sedikit saus kecap dan saus cabe.

Cong fan fresh ini isinya bisa dipilih mau udang, daging cincang (sapi atau babi), jamur, udang kering, ikan giling atau tanpa isi sama sekali alias kosong. Sejauh ini di daerah Vancouver ini, aku udah cobain 2 tempat. Kedua-duanya terletak di daerah Richmond yaitu sebuah kota agak ke selatan dari Vancouver. Richmond memang gudangnya makanan chinese untuk daerah Vancouver. Daerah Richmond sekarang menjadi tempat yang dicari pengunjung untuk makanan Cina daratan yang otentik.

Hei Hei Rice Roll 囍記腸粉
Credit : Cherith Chan via Google Review

Hei Hei Rice Roll ini letaknya di lantai 2 Richmond Public Market. Tempatnya keliatan seperti gedung tua dengan beberapa toko di bagian bawah. Tapi di lantai 2 pasar ini terdapat sebuah puja sera yang menawarkan banyak pilihan. Aku dan Wawa sempat tinggal di apartemen di sebelah pasar ini. Jadi dulu pasar ini merupakan tempat nongkrong kami berdua.


Cong fan di Hei Hei Rice Roll (HHRR) ini laku banget. Jadi tempatnya selalu rame. Lucunya kemarin ini aku sempet ketemu seorang teman orang Indonesia yang juga doyan cong fan dari HHRR ini. Doi bilang untuk menghindari antrian yang panjang, mereka rela datang jam 9 pagi ! 😂 Terus terang kalo akhir pekan, pelanggan harus menunggu sekitar 1 jam untuk mendapatkan pesanan mereka.

Di sini pilihan isinya ada udang kering, kosong, udang, kombinasi (daging cincang dan udang), cincang babi, cincang sapi, jamur dll. Mereka juga menjual susu kacang (dengan pilihan manis dan tidak manis) juga bubur. Harga untuk setiap pilihan sekitar CAD8 - 9 (IDR 88rb - 99rb).

Hei Hei Rice Roll
Located inside Richmond Public Market (foodcourt level)
2430-8260 Westminster Highway
Richmond, BC V6X 1A7

Great Grain Food 正太小厨
Credit : yfw888 via Google

Yang ini lokasinya di pujasera Yaohan yang lokasinya di Jalan No.3. Mal ini kalo pas makan siang di akhir pekan bisa rame sekali. Soalnya selain pujasera juga terdapat sebuah supermarket.

Di pujasera ini selain gerai ini yang menjual makanan gagrak Cina daratan juga terdapat beberapa gerai yang menjual makanan pilih model warteg gitu. 😋 Teman kami Mario dan Ria doyan dengan makanan pilih gitu karena ngga usah nunggu. Dan biasanya harganya cukup bersahabat. Di pujasera ini harganya CAD 17 (IDR 188rb) untuk nasi dengan 3 sayur.


Great Grain Food ini selain menjual congfan (rice roll) juga menjual pangsit kuah dan pangsit kuah dengan mi. Congfan mereka selain yang berisi udang juga ada cincang babi, ikan giling dan cakwe. Yang ini pun dibikin langsung pas dipesan jadi fresh banget. Rasanya juga lumayan mirip dengan yang di Hei Hei Rice Roll. Tapi yang ini ngga ada antrian sama sekali. Aku merasa pilihan isi di gerai ini ngga sebanyak Hei Hei Rice Roll. Mungkin karena Hei Hei cuma khusus membuat congfan sedangkan Great Grain Food juga menyediakan menu lainnya.

Beda dengan congfan ala Pontianak yang dulu aku cobain di Jakarta. Congfan ini disajikan dengan saus kecap yang rada asin manis dengan minyak cabe. 😋

Great Grain Food
Lokasi dalamYaohan Centre
3700 No. 3 Rd, Richmond, BC V6X 2C1
Phone: (604) 370-3888

Comments

Popular posts from this blog

Hay Day : seputar Derby

Neighborhood house yang sudah diperbaiki Apa sih Hay Day ? Hay Day adalah games dari Supercell mengenai kehidupan pertanian, mulai dari menanam gandum, jagung sampai membuat keju, sushi, dll. Seru lho. Salah satu bagian dari Hay Day adalah partisipasi dalam Derby. Aku udah lumayan lama main Hay Day tapi belum pernah tau mengenai Derby jadi kali ini antusias banget. hihihi..Maklum masih newbie alias anak baru. Untuk ikutan Derby, pertama harus memperbaiki neighborhood house. Ongkosnya 10000 coin dan memakan waktu 24 jam. Habis itu bisa membentuk neighborhood sendiri dan mengajak teman atau keluarga untuk ikutan. Atau bisa join neighborhood lainnya. Coba liat link ini untuk membentuk neighborhood atau join neighborhood.

Which Star Are You From ?

Drama ini menceritakan Choi Seung Hee seorang sutradara yang baru saja kembali ke Korea setelah 3 tahun berusaha melupakan tunangannya yang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas. Dalam rangka mencari lokasi untuk film terbarunya, Seung Hee melanglang ke desa terpencil dan tidak sengaja bertemu Kim Bok Shil. Bok Shil begitu menyita perhatian Seung Hee karena doi mirip sekali dengan mendiang tunangannya yaitu Hye Soo. Singkat cerita Seung Hee dan kru akhirnya memulai syuting di desanya Bok Shil. Bok Shil pun bertemu dengan eksekutif Han Jeung Hoon yang adalah pemilik perusahaan yang membiayai pembuatan film tersebut. Jeung Hoon pun dulunya menyukai mendiang Hye Soo. Melalui JH ini Bok Shil akhirnya mendapatkan pekerjaan di perusahaannya dan pindah ke Seoul. Karena pekerjaan barunya ini, Bok Shil menjadi lebih dekat dengan Seung Hee dan akhirnya mereka menjadi saling menyukai. Tidak disangka, Bok Shil ternyata adalah adik Hye Soo yang selama ini disangka meninggal dalam kebakaran restor

Perlu Ngga Beli Kartu SIM di Penang ?

Jawabannya tergantung keperluan teman-teman sekalian. ha..ha.. Sewaktu aku lagi bikin planning untuk jalan-jalan ke Penang, salah satu blog yang aku baca bilang jangan lupa beli kartu Digi setelah sampai di situ. Digi adalah salah satu provider GSM untuk Malaysia. Katanya sih Digi cakupannya lumayan bagus dengan harga terjangkau. Nah pas jalan kemarin itu aku masih belum bisa memastikan mau beli SIM card atau ngga. Tapi terus terang pas di Jakarta aku dibeliin SIM card XL Axiata yang lumayan banget pas buat jalan-jalan ke Bandung. Dipake untuk google maps lancar, padahal sampai ke Tangkuban Perahu segala. Ngga di kawahnya sih ya, tapi pas turun dikit gitu langsung dapat signal lagi.