Skip to main content

Berkunjung ke Wizarding World of Harry Potter - Bagian 1

Udah lama aku pengen berkunjung ke Wizarding World of Harry Potter terutama karena aku penggemar berat Harry Potter. Aku ingat banget pertama buku Harry Potter keluar dan kemudian jadi perbincangan karena laku berat. Habis itu dibuat menjadi film layar lebar. Aku pertama kali nonton film Harry Potter tersebut justru lewat DVD. Habis itu jadi kesengsem dan pengen baca bukunya.

Kalo ngga salah filmnya itu dibuat setelah buku-buku Harry Potter tersebut udah keluar paling ngga 2-3 jilid. Dan semuanya laku berat. Aku ingat waktu itu aku masih kerja di sebuah toko yang menjual juice dan aku sempat heran melihat seorang dewasa yang membawa buku setebal kamus yang merupakan buku Harry Potter entah yang keberapa. Karena pemikiranku waktu itu adalah Harry Potter merupakan cerita anak-anak. Tapi kalo kamu mulai baca bukunya dijamin bakal ketagihan. Ceritanya membuat kamu mulai membayangkan bagaimana bentuk kastil Hogwarts, makanannya, dll.

Tahun ini aku memutuskan ngga mudik ke Indo karena ngga cukup hari cuti. Wawa memutuskan untuk lari maraton di Toronto bersama temannya. Jadi kita pun memutuskan untuk jalan-jalan ke pantai timur (east coast). Pas lagi menyusun rencana perjalanan Wawa mengusulkan untuk mampir ke Orlando Florida tepatnya Wizarding World of Harry Potter. Doi tau aku udah pengen ke situ dari dulu. Cuma sewaktu kita di California seorang teman bilang yang di Florida lebih komplit daripada yang di Los Angeles. Yang di LA karena keterbatasan tempat cuma memiliki Diagon Alley. Untuk yang penggemar Harry Potter pasti tau nama tersebut sebagai tempat para penyihir berkumpul di London.



Jangan lupa tiket park to park
Untuk yang juga tertarik untuk ke Orlando, jangan lupa untuk membeli park to park ticket. Universal Studios di Orlando terdiri dari 3 tempat main yaitu Universal Studios Florida, Islands of Adventure dan Volcano Bay. Atraksi Harry Potter tersebar di 2 tempat main yaitu Universal Studios Florida dan Island of Adventure. Jadi supaya mainnya lebih komplit kalian membutuhkan 2 park to park ticket. Lagipula tanpa 2 park to park ticket kalian ngga akan bisa menikmati Hogswart Express yang menghubungkan 2 park tersebut.

Hindari hari libur dan liburan panjang
Berhubung aku dan Wawa tidak memiliki junior jadi lebih mudah bagi kita berdua untuk mengatur liburan. Oktober termasuk low season jadi ngga terlalu rame. Lagipula kita memilih untuk sampai di situ hari Selasa dan tinggal sampai hari Jumat. Akhir pekan termasuk lebih banyak pengunjung.

Juga jangan lupa mengecek situs mereka supaya mengetahui lebih awal atraksi mana yang bakal ditutup untuk perawatan. Link berikut ini untuk Islands of Adventure, silakan skrol ke bawah untuk melihat keterangan tersebut. Di halaman yang sama kalian bisa memilih untuk melihat informasi bagi 2 tempat main lainnya.
https://www.universalorlando.com/web/en/us/plan-your-visit/hours-information/park-hours#universals-islands-of-adventure


Tinggal salah satu hotel milik Universal Studios Resort
Komplek Universal Studios Resort itu gede sekali dan selain ketiga tempat main tersebut juga dikelilingi hotel-hotel. Memang hotel2 tersebut sedikit lebih mahal tapi juga menawarkan kemudahan. Kalian ngga usah sewa mobil sehingga bisa berhemat ongkos sewa. Selain itu dengan tinggal di salah satu hotel tersebut kalian juga mendapatkan early admission alias masuk 1 jam lebih awal sebelum park tersebut dibuka untuk umum.

Early admission cuma berlaku untuk Universal Studios Florida dan terbatas untuk beberapa atraksi. Pas kunjungan kita ke situ, atraksi yang buka lebih pagi adalah Escape From Gringotts dan Minions. Tapi biarpun cuma 2 atraksi tetap aja lebih enak masuk lebih pagi kalo kalian mau foto-foto karena ngga banyak orang di sekeliling. Tapi bulan Oktober di Florida masih gelap pas kita masuk jam 7 pagi. haha..

Single Rider
Setiap atraksi umumnya memiliki 2 jalur. Untuk pemegang tiket biasa dan sebuah jalur lagi untuk pemegang Express Pass. Aku akan menjelaskan Express Pass di bagian berikutnya. Untuk atraksi yang lebih tua biasanya jalur Express Pass juga diberlakukan untuk Single Rider. Maksudnya apa sih ? Kebanyakan pengunjung datang bersama keluarga atau teman. Jadi kebanyakan dari mereka mau naik atraksi tersebut bersama kelompok/keluarga mereka. Setiap atraksi kebanyakan berupa kendaraan/perahu kecuali untuk roller coaster yang biasa cuma muat 2 orang setiap tempat duduk berdampingan. Untuk kendaraan/perahu kebanyakan bisa muat 4-5 orang. Nah kalo kelompok/keluarga terdiri dari 4 orang sedangkan tempat duduknya bisa muat 5 orang, mereka akan memanggil single rider. Jadi single rider biasanya cuma sendirian. Kalo kamu ngga berkeberatan naik atraksi terpisah dari keluarga/teman kamu bisa berhemat waktu tunggu.

Lumayan lho waktu tunggunya. Aku dan Wawa sempat cobain jalur Single Rider. Waktu tunggunya menurut petunjuk sekitar 20 menit. Tapi aku bisa naik atraksi tersebut dalam waktu kurang dari 5 menit.

Express Pass
Seperti yang aku jelaskan di bagian Single Rider. Jalur Single Rider biasanya berlaku untuk atraksi yang lebih tua (jadi ngga gitu populer). Tapi atraksi yang masih baru seperti atraksi-atraksi Harry Potter (kecuali Hagrid's Magical Beast) memiliki jalur khusus yang juga merupakan jalur cepat seperti Single Rider. Bedanya adalah untuk jalur cepat tersebut kamu harus membayar tambahan dengan membeli Express Pass.

Express Pass ini merupakan pass tambahan yang kamu harus beli di luar tiket park to park. Harganya bisa dicek di situs Universal Orlando. Express Pass ini cuma berlaku tanggal tertentu yang kamu harus pilih pas membeli. Harga Express Pass ini tergantung berapa park yang kamu pilih dan berapa hari.

Harganya cukup mahal jadi kalo ngga ada budget sebaiknya ngga usah beli dulu. Karena Express Pass ini bisa dibeli pas harinya di situ.

Child Swap
Ngga semua atraksi di Universal Studios cocok untuk anak kecil. Setiap atraksi memiliki ketentuan tinggi tertentu. Anak-anak yang tidak cukup tinggi tentu saja ngga bisa ditinggal sendirian pas orang tuanya naik atraksi tersebut kan ? Untuk menghindari tersebut, keluarga bisa antrian bareng, kemudian pas salah satu ortu naik, ortu seorang lagi tinggal menjaga anak tersebut. Setelah ortu yang udah naik selesai, dia akan tinggal bersama anak tersebut sehingga ortu yang belum naik bisa gantian.

Kalo ingin memakai fasilitas tersebut, pastikan untuk bertanya ke penjaga atraksi tersebut sehingga mereka bisa memberikan keterangan tambahan. Setiap atraksi memiliki prosedur yang agak berbeda.

Comments

Popular posts from this blog

Hay Day : seputar Derby

Neighborhood house yang sudah diperbaiki Apa sih Hay Day ? Hay Day adalah games dari Supercell mengenai kehidupan pertanian, mulai dari menanam gandum, jagung sampai membuat keju, sushi, dll. Seru lho. Salah satu bagian dari Hay Day adalah partisipasi dalam Derby. Aku udah lumayan lama main Hay Day tapi belum pernah tau mengenai Derby jadi kali ini antusias banget. hihihi..Maklum masih newbie alias anak baru. Untuk ikutan Derby, pertama harus memperbaiki neighborhood house. Ongkosnya 10000 coin dan memakan waktu 24 jam. Habis itu bisa membentuk neighborhood sendiri dan mengajak teman atau keluarga untuk ikutan. Atau bisa join neighborhood lainnya. Coba liat link ini untuk membentuk neighborhood atau join neighborhood.

Which Star Are You From ?

Drama ini menceritakan Choi Seung Hee seorang sutradara yang baru saja kembali ke Korea setelah 3 tahun berusaha melupakan tunangannya yang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas. Dalam rangka mencari lokasi untuk film terbarunya, Seung Hee melanglang ke desa terpencil dan tidak sengaja bertemu Kim Bok Shil. Bok Shil begitu menyita perhatian Seung Hee karena doi mirip sekali dengan mendiang tunangannya yaitu Hye Soo. Singkat cerita Seung Hee dan kru akhirnya memulai syuting di desanya Bok Shil. Bok Shil pun bertemu dengan eksekutif Han Jeung Hoon yang adalah pemilik perusahaan yang membiayai pembuatan film tersebut. Jeung Hoon pun dulunya menyukai mendiang Hye Soo. Melalui JH ini Bok Shil akhirnya mendapatkan pekerjaan di perusahaannya dan pindah ke Seoul. Karena pekerjaan barunya ini, Bok Shil menjadi lebih dekat dengan Seung Hee dan akhirnya mereka menjadi saling menyukai. Tidak disangka, Bok Shil ternyata adalah adik Hye Soo yang selama ini disangka meninggal dalam kebakaran restor

Perlu Ngga Beli Kartu SIM di Penang ?

Jawabannya tergantung keperluan teman-teman sekalian. ha..ha.. Sewaktu aku lagi bikin planning untuk jalan-jalan ke Penang, salah satu blog yang aku baca bilang jangan lupa beli kartu Digi setelah sampai di situ. Digi adalah salah satu provider GSM untuk Malaysia. Katanya sih Digi cakupannya lumayan bagus dengan harga terjangkau. Nah pas jalan kemarin itu aku masih belum bisa memastikan mau beli SIM card atau ngga. Tapi terus terang pas di Jakarta aku dibeliin SIM card XL Axiata yang lumayan banget pas buat jalan-jalan ke Bandung. Dipake untuk google maps lancar, padahal sampai ke Tangkuban Perahu segala. Ngga di kawahnya sih ya, tapi pas turun dikit gitu langsung dapat signal lagi.